Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Prediksi Tagihan SPP Mahasiswa Sebagai Piutang pada Universitas Airlangga

Nambi Sembilu, 080810168 (2013) Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Prediksi Tagihan SPP Mahasiswa Sebagai Piutang pada Universitas Airlangga. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-sembilunam-23708-7.ABSTRAK.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-sembilunam-23708-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Laporan keuangan merupakan bentuk pertanggung jawaban manajemen untuk memenuhi kepentingan insvestor, kreditor dan pemerintah. Laporan keuangan tersebut dapat memberikan informasi yang dapat dipakai untuk pengambilan keputusan. Sebagai dasar pengambilan keputusan, maka informasi yang terkandung dalam laporan keuangan haruslah dapat dipercaya. Termasuk juga piutang sebagai salah satu komponen dalam laporan keuangan. Dalam sebuah kasus yang terjadi di sebuah Universitas, manajemen piutang yang berasal dari tagihan pembayaran mahasiswa tidak berjalan dengan baik, hal ini menyebabkan informasi mengenai piutang yang berasal dari tagihan pembayaran tersebut menjadi tidak akurat. Salah satunya pada pembayaran Sumbangan Operasional Pendidikan (SPP) mahasiswa yang banyak menuai permasalahan piutang. Sebagai salah satu pendapatan terbesar Universitas maka perlu manajemen yang baik dalam pengelolaan data tagihan SPP mahasiswa. Pada skripsi ini menerapkan sebuah metode klasifikasi untuk dapat mempermudah proses klasifikasi tagihan SPP mahasiswa sebagai piutang. Teknik klasifikasi yang digunakan adalah klasifikasi Naive Bayes dengan teori bayes sebagai dasarnya. Dengan menggunakan informasi dari masa lalu teknik ini dapat memprediksi kejadian di masa datang. Data-data piutang pada masa lalu digunakan sebagai informasi dalam memprediksi tagihan SPP mahasiswa termasuk dalam piutang atau bukan. Pengujian klasifikasi tagihan SPP mahasiswa ke dalam piutang menghasilkan tingkat keakuratan yang tinggi. Berdasarkan hasil tersebut perancangan dan implementasi sistem pendukung keputusan prediksi tagihan SPP mahasiswa dengan menggunakan metode klasifikasi Naive Bayes dilakukan. Pada akhirnya sistem ini diharapkan dapan mengatasi permasalahan piutang yang berasal dari tagihan SPP mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.15/13 Sem r
Uncontrolled Keywords: SYSTEM DESIGN
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7868.D5 Digital electronics and Electronic circuit design
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
Nambi Sembilu, 080810168UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKartono, Drs.M.KomUNSPECIFIED
ContributorDyah Herawatie, Ir. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 04 Apr 2013 12:00
Last Modified: 10 Aug 2016 10:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24577
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item