PERENCANAAN ARSITEKTUR BISNIS BAGIAN AKADEMIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN KERANGKA KERJA ZACHMAN

MACHVIRA UL HUSNA, 080810370 (2013) PERENCANAAN ARSITEKTUR BISNIS BAGIAN AKADEMIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN KERANGKA KERJA ZACHMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-husnamachv-28924-7.ABSTRAK.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-husnamachv-28924-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peningkatan kualitas akademik mahasiswa adalah faktor penting di dalam proses bisnis Fakultas Kedokteran dalam rangka mencapai visi dan misinya. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah meningkatkan proses bisnis bidang akademik. Sehingga implementasi sistem informasi adalah suatu keharusan untuk mendapatkan optimalisasi yang terbaik dalam proses bisnis. Enterprise Architecture menjadi paradigma dalam perencanaan sistem informasi. Sehingga laporan skripsi ini akan menjelaskan perencanaan arsitektur bisnis menggunakan pendekatan kerangka kerja Zachman dan langkah – langkah pengerjaannya yang mengadopsi sistem perencanaan tradisional yaitu metode Business System Planning (BSP). Ada beberapa langkah yang diambil dalam merencanakan arsitektur bisnis dengan pendekatan kerangka kerja Zachman dan metode Business System Planning (BSP). Langkah awal adalah mendapatkan perijinan dari Eksekutif Fakultas Kedokteran untuk melakukan wawancara dan studi literatur. Langkah kedua adalah membuat model berdasarkan proses bisnis Bagian Akademik Fakultas Kedokteran saat ini dan melakukan analisa terhadap dukungan sistem terhadap proses bisnis. Langkah selanjutnya membuat rencana arsitektur bisnis dan rekomendasi tentang rencana pelaksanaan. Langkah terakhir adalah melaporkan hasil perencanaan arsitektur bisnis.. Berdasarkan hasil analisis, perbedaan antara bidang akademik saat ini dan proposal yang ditetapkan dari arsitektur bisnis adalah 35% pada fit level, 39% pada partial fit level dan persentase gap level berkisar 26%. Karena partial fit level menghasilkan 39%, dapat dikatakan bahwa beberapa aktivitas bisnis yang tidak berjalan dengan baik dan perlu dioptimalkan dengan usulan perbaikan/peningkatan aktifitas bisnis. Perbaikan/peningkatan aktifitas bisnis tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.18/13 Hus p
Uncontrolled Keywords: BUSINESS SYSTEM PLANNING
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7868.D5 Digital electronics and Electronic circuit design
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
MACHVIRA UL HUSNA, 080810370UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEto Wuryanto, Drs.DEAUNSPECIFIED
ContributorIndah Werdiningsih, S.Si, M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 19 Dec 2013 12:00
Last Modified: 11 Aug 2016 08:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24586
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item