ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN RAWAT JALAN PUSKESMAS KOTA SURABAYA DENGAN METODE BERORIENTASI OBJEK (STUDI KASUS PADA PUSKESMAS KLAMPIS NGASEM SURABAYA)

MUHAMMAD SYARIF NURDIN, 080810699 (2013) ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN RAWAT JALAN PUSKESMAS KOTA SURABAYA DENGAN METODE BERORIENTASI OBJEK (STUDI KASUS PADA PUSKESMAS KLAMPIS NGASEM SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-nurdinmuha-28928-7.ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
24588-.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) adalah unit pelaksana teknis (UPT) dinas kesehatan kabupaten / kota yang bertanggungjawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja (KEPMENKES RI, 2004). Puskesmas di bawah naungan dinas kesehatan kota Surabaya memiliki tujuan untuk menjaga kesehatan warga kota Surabaya. Namun kemampuan puskesmas dalam melayani masyarakat, tidak berarti puskemas tidak menghadapi kendala. Kendala utama adalah tidak terintegrasinya antara satu puskesmas dengan puskesmas lain. Hal ini menyebabkan kesulitan dinas kesehatan kota Surabaya dalam mengumpulkan laporan dari masing-masing puskesmas. Hal tersebut juga menyebabkan permasalahan dalam pelayanan terhadap masyarakat. Berdasarkan hambatan – hambatan yang terjadi di atas, muncul suatu inisiatif untuk merancang suatu sistem informasi terkomputerisasi dan terintegrasi yang dapat menangani aktivitas pelayanan pasien mulai dari proses pendaftaran hingga proses pembayaran dengan menggunakan metode berorientasi objek. Dalam merancang sistem informasi rawat jalan puskesmas, terdapat empat langkah yang dilakukan. Tahap pertama adalah pengumpulan data. Pengumpulan data dilakukan untuk mengetahui pihak-pihak yang terlibat dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam sistem informasi rawat jalan. Tahap kedua adalah analisis sistem. Analisis sistem bertujuan untuk mempelajari alur bisnis yang terjadi sehingga dapat diketahui kebutuhan sistem yang akan dirancang. Tahap ketiga adalah perancangan sistem yang dibuat berdasarkan hasil pengumpulan data serta analisis sistem. Perancangan sistem menggunakan enam diagram yang memiliki fungsi-fungsi tersendiri dalam perancangan sistem informasi rawat jalan puskesmas.Tahap keempat adalah evaluasi rancangan. Evaluasi perancangan dilakukan dengan perhitungan metric yang digagas oleh Chidamber dan Kemerer. Perancangan sistem informasi rawat jalan puskesmas kota Surabaya dapat digunakan sebagai pedoman implementasi sistem informasi pelayanan rawat jalan puskesmas kota Surabaya oleh pihak Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Sehingga dapat menjadi solusi dalam mengatasi hambatan yang terjadi dalam pelayanan rawat jalan puskesmas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.20/13 Nur a
Uncontrolled Keywords: INFORMATION SYSTEM DESIGN
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7868.D5 Digital electronics and Electronic circuit design
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
MUHAMMAD SYARIF NURDIN, 080810699UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndah Purwanti, S.Si, M.KomUNSPECIFIED
ContributorRini Semiati, Dra.M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 19 Dec 2013 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 20:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24588
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item