HIDROLISIS ECENG GONDOK (Eichornia crassipes) MENGGUNAKAN KONSORSIUM ENZIM UNTUK PRODUKSI BAHAN BAKU PAKAN TERNAK BERKUALITAS

FIRNA YAROH, 080610203 (2010) HIDROLISIS ECENG GONDOK (Eichornia crassipes) MENGGUNAKAN KONSORSIUM ENZIM UNTUK PRODUKSI BAHAN BAKU PAKAN TERNAK BERKUALITAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2011-yarohfirna-15626-mpk.160-t Abstrak.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2011-yarohfirna-15626-mpk.160-t Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pakan merupakan salah satu komponen penting di dalam industri peternakan. Produksi peternakan meningkat seiring dengan peningkatan permintaan hasil-hasil ternak (daging, telur, susu), sehingga perlu adanya langkah yang efisien untuk dapat memenuhi kebutuhan hewan ternak dan meningkatkan produktivitas ternak. Eceng gondok merupakan tanaman yang tumbuh subur di perairan Indonesia, dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan baku pakan ternak karena memiliki kandungan protein kasar dan serat kasar yang dapat menjadi sumber nutrisi bagi hewan ternak. Eceng gondok memiliki kandungan serat kasar yang cukup tinggi, sehingga dapat menurunkan tingkat kecernaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghidrolisis kandungan serat kasar yaitu berupa lignin, hemiselulosa, dan selulosa pada eceng gondok menggunakan enzim xilanase dan selulase. Pada proses hidrolisis dibuat variasi rasio aktivitas konsorsium enzim xilanase dan enzim selulase yaitu 1:1, 1:2, dan 2:1 serta dibuat variasi waktu hidrolisis oleh enzim selulase yaitu 6, 12, 18, dan 24 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan serat kasar dan peningkatan protein kasar tertinggi beturut-turut adalah sebesar 4,2% dan 1,3%, yaitu pada rasio aktivitas konsorsium enzim 2:1 dan waktu hidrolisis optimal enzim selulase selama 18 jam. Hasil hidrolisis berupa penurunan serat kasar dan peningkatan protein kasar dianalisis menggunakan metode AOAC (Association of Official Analytical Chemists).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPK.160/10 Yar h
Uncontrolled Keywords: sewage animal feed
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsNIM
FIRNA YAROH, 080610203UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNi Nyoman Tri, Prof. Dr.UNSPECIFIED
Depositing User: hari
Date Deposited: 20 May 2011 12:00
Last Modified: 19 Aug 2016 02:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24738
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item