DETEKSI KONSENTRASI KADAR GLUKOSA DALAM AIR DESTILASI BERBASIS SENSOR PERGESERAN SERAT OPTIK MENGGUNAKAN CERMIN CEKUNG SEBAGAI TARGET

HILYATI NURIYA, 080913055 (2013) DETEKSI KONSENTRASI KADAR GLUKOSA DALAM AIR DESTILASI BERBASIS SENSOR PERGESERAN SERAT OPTIK MENGGUNAKAN CERMIN CEKUNG SEBAGAI TARGET. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian Deteksi Konsentrasi Kadar Glukosa Dalam Air Destilasi Berbasis Sensor Pergeseran Serat Optik Menggunakan Cermin Cekung Sebagai Target. Prinsip kerja deteksi dilakukan dengan meletakkan larutan glukosa sebagai medium antara kanal sensing fiber coupler dengan cermin cekung kemudian dilakukan pergeseran terhadap cermin cekung. Penelitian ini menggunakan peralatan yang terdiri dari fiber coupler, laser HeNe 30 mW, silicon photodetektor, Mikrovoltmeter, mikrometer posisi serta cermin cekung fokus 4,5 mm. Sampel dalam penelitian berupa larutan glukosa dengan konsentrasi 0%,5%,10%,15%,20% dan 25%. Penelitian menghasilkan data tegangan keluaran detektor optis sebagai fungsi pergeseran cermin cekung masingmasing untuk medium larutan glukosa dengan variasi konsentrasi 5%,10%,15%,20% dan 25%. Dari grafik hubungan antara tegangan keluaran detektor optis dengan pergeseran cermin cekung ditentukan puncak grafik untuk masing-masing glukosa tersebut. Dari masing-masing nilai puncak grafik tersebut ditentukan nilai pergeseran posisi puncak grafik dan pergeseran tegangan puncak grafik dengan puncak grafik medium larutan glukosa 0% sebagai acuan untuk masing-masing konsentrasi glukosa. Dengan demikian perubahan konsentrasi glukosa terdeteksi melalui pergeseran puncak grafik maupun pergeseran tegangan puncak. Kinerja terbaik sensor diperlihatkan oleh pembacaan deteksi pergeseran posisi puncak pada rentang daerah linier 0%-25% dengan nilai sensitivitas 60m/%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPF. 24/13 Nur d
Uncontrolled Keywords: GLUCOSE; OPTICAL FIBER
Subjects: Q Science > QC Physics > QC350-467 Optics. Light
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM
HILYATI NURIYA, 080913055UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSamian, , S.Si, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 30 Dec 2013 12:00
Last Modified: 27 Aug 2016 05:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24787
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item