PENGARUH VARIASI KOMPOSISI MADU TERHADAP KARAKTERISTIK HIDROGEL KITOSAN, MADU DAN GELATIN UNTUK APLIKASI OCCLUSIVE DRESSING

ENYA RIMA RAHMAN, 080913101 (2013) PENGARUH VARIASI KOMPOSISI MADU TERHADAP KARAKTERISTIK HIDROGEL KITOSAN, MADU DAN GELATIN UNTUK APLIKASI OCCLUSIVE DRESSING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh variasi komposisi madu terhadap karakteristik hidrogel kitosan, madu dan gelatin untuk aplikasi occlusive dressing. Penambahan madu bertujuan agar hidrogel kitosan, madu dan gelatin lebih fleksibel dan memiliki sifat mekanik yang baik sehingga dapat diaplikasikan sebagai occlusive dressing sesuai dengan standar yang ada. Pembuatan hidrogel dilakukan dengan cara mencampurkan kitosan yang diencerkan pada asam asetat glasial 1:1 (w/w) ke dalam larutan madu yang diencerkan pada 76:24 (v/v) dan larutan gelatin. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penambahan madu menyebabkan kuat tarik, kemampuan mengabsorbsi cairan dan toksisitas hidrogel menurun sementara ketebalan dan elongasi hidrogel meningkat. Berdasarkan hasil uji sifat mekanik, hasil terbaik ditunjukkan oleh hidrogel kitosan, madu dan gelatin dengan penambahan madu sebanyak 15 gram yang memiliki nilai kuat tarik sebesar (6,36 + 0,11) MPa dan elongasi sebesar (113 + 3,93) % yang memenuhi standar sifat mekanik kulit manusia. Hidrogel mampu mengabsorbsi cairan lebih dari 99,99% yaitu sebesar (128 + 1,16) % yang merupakan karakteristik penting hidrogel serta sitoksisitas hidrogel sebesar (73.9 + 1,08) % yang memenuhi standar material non-toksik yaitu lebih dari 50%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPF. 26/13 Rah p
Uncontrolled Keywords: CITOSAN; HONEY
Subjects: Q Science > QC Physics > QC1 Physics (General)
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM
ENYA RIMA RAHMAN, 080913101UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoni Izak R., Drs. .,M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 30 Dec 2013 12:00
Last Modified: 27 Aug 2016 06:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24789
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item