ANALISIS KUALITAS UDARA RUANG (INDOOR) SECARA MIKOLOGIS; STUDI KASUS DI PEMUKIMAN KUMUH KECAMATAN SEMAMPIR SURABAYA

ARIF FADZKUR ROHMAN, 080710477 (2011) ANALISIS KUALITAS UDARA RUANG (INDOOR) SECARA MIKOLOGIS; STUDI KASUS DI PEMUKIMAN KUMUH KECAMATAN SEMAMPIR SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
6.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
24848.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui genus kapang yang dapat diisolasi dan diidentifikasi dari udara ruang (indoor) dan mengetahui kualitas udara ruang (indoor) di pemukiman kumuh Kecamatan Semampir Surabaya ditinjau dari keberadaan koloni kapang yang ditemukan. Sampel udara diambil dari udara ruang (indoor) di kelurahan Kecamatan Semampir Surabaya, yang terdiri atas Kelurahan Sidotopo, Pegirikan, Ampel, Ujung, dan Wonokusumo. Pada setiap kelurahan diambil 3 lokasi rumah yang berbeda letaknya. Pengambilan sampel diakukan dengan menggunakan Vacuum Cleaner. Kasa steril dicelupkan pada 10 ml aquades di cawan petri, setelah itu memasang kasa tersebut pada saringan vacuum cleaner dengan posisi menutup saringan vacuum cleaner. Setelah kasa terpasang, udara diambil selama 5 menit. Setelah selesai, Kemudian mengambil kasa yang sudah mengandung sampel udara tersebut dan dimasukkan ke dalam botol steril yang berisi 100 ml larutan fisiologis, setelah divortex,kemudian diambil 1 ml untuk ditumbuhkan pada media PDA (Potato Dextrose Agar) ditambah dengan 1ml Chloramfenicol 1%l. Koloni kapang yang sudah tumbuh kemudian diisolasi, diidentifikasi, dan dihitung jumlah koloni kapang dengan metode TPC. Hasil penelitan menunjukkan bahwa ditemukan kapang dari genus Aspergillus, Penicillium, dan Rhizopus. Berdasar dari hasil penelitian, jumlah total kapang berkisar antara 1-89 cfu/ m3. Jika mengacu pada Standar Baku Mutu NH&MRC (National Health Medical Research Counsil), kualitas udara ruang (indoor) di pemukiman kumuh Kecamatan Semampir termasuk dalam kriteria baik. Karena masih di bawah ambang batas (150 cfu /m3).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 50 11 Roh a
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV701-1420.5 Children > HV931-941 Fresh-air funds
Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
ARIF FADZKUR ROHMAN, 080710477UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTini Surtiningsih, Dr.Ir. DEAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 18 Nov 2011 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 17:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24848
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item