SINTESIS DAN KARAKTERISASI MOLECULAR IMPRINTED POLYMER TERIMPREGNASI TiO2 DENGAN ASAM METAKRILAT SEBAGAI MONOMER SERTA UJI AKTIVITASNYA UNTUK DEGRADASI FOTOKATALITIK FENOL

PUTIK NOVANDA SARI, 080710289 (2011) SINTESIS DAN KARAKTERISASI MOLECULAR IMPRINTED POLYMER TERIMPREGNASI TiO2 DENGAN ASAM METAKRILAT SEBAGAI MONOMER SERTA UJI AKTIVITASNYA UNTUK DEGRADASI FOTOKATALITIK FENOL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
8.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
24877.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan impregnasi TiO2 pada monomer asam metakrilat dengan teknik molecular imprinted polymer yang diaplikasikan untuk degradasi fotokatalitik fenol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah MIP terimpregnasi TiO2 dengan monomer asam metakrilat dapat digunakan untuk mendegradasi fenol, mengetahui karakteristik struktur MIP terimpregnasi TiO2 dengan menggunakan FTIR. serta untuk mengetahui keefektivan penggunaan MIP terimpregnasi TiO2 untuk mendegradasi fenol. Hasil difraktogram XRD menunjukkan kristal TiO2 yang digunakan pada penelitian ini memiliki struktur anatase. Dari karakterisasi FTIR adanya ikatan Ti-O ditunjukkan pada bilangan gelombang 1635 cm-1 dan 1381 cm-1. Proses degradasi dilakukan dalam suatu reaktor tertutup yang disinari Lampu UV 8 watt sebanyak 3 buah. Gelas Beker yang di dasarnya telah dilapisi oleh MIP terimpregnasi TiO2 ditambahkan fenol 100 ppm sebanyak 200 mL, disinari dengan lampu UV dan dilakukan pengadukan selama waktu tertentu. Konsentrasi larutan fenol yang tidak terdegradasi diukur dengan Spektrofotometer UV-Vis, dan efisiensi degradasi fenol ditentukan dengan menentukan selisih antara konsentrasi fenol awal dan konsentrasi fenol yang tidak terdegradasi. Hasil yang diperoleh dikurangi dengan degradasi fenol oleh polimer kontrol. Dalam penelitian ini telah dipelajari pengaruh variasi pH larutan terhadap efektivitas degradasi fotokatalitik senyawa fenol menggunakan MIP terimpregnasi TiO2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas proses degradasi juga dipengaruhi oleh pH larutan terkait dengan proses pembentukan radikal •OH. Hasil maksimum proses degradasi fotokatalitik fenol diperoleh pada pH 3 dengan persen degradasi sebesar 62,05 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPK 20 11 Sar s
Uncontrolled Keywords: PHOTOCATALYTIC DEGRADATION PHENOL
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71-142 Analytical chemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
PUTIK NOVANDA SARI, 080710289UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorGanden Supriyanto,, Dr.rer.nat M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 30 Nov 2011 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 18:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24877
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item