ANALISIS PENGARUH SERVANT LEADERSHIP TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIORS KARYAWAN MALAYSIA AIR JAKARTA DAN SURABAYA

RESSIE NOVANIE, 040530924 (2012) ANALISIS PENGARUH SERVANT LEADERSHIP TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIORS KARYAWAN MALAYSIA AIR JAKARTA DAN SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-novanieres-18114-b17711.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepemimpinan yang melayani (Servant Leadership) merupakan suatu tipe atau model kepemimpinan yang dikembangkan untuk mengatasi krisis kepemimpinan yang dialami oleh suatu masyarakat atau bangsa. Para pemimpin- pelayan (Servant Leader) mempunyai kecenderungan lebih mengutamakan kebutuhan, kepentingan dan aspirasi orang-orang yang dipimpinnya di atas dirinya. Orientasinya adalah untuk melayani, cara pandangnya holistik dan beroperasi dengan standar moral spiritual. Pimpinan yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas kerja karyawan yang berkaitan dengan upaya pemenuhan peningkatan kinerja karyawan dan perusahaan. Perilaku yang demikian mampu membangkitkan kesediaan karyawaan secara sukarela bekerja keras untuk kemajuan perusahaan. Perilaku dalam bentuk kerelaan untuk memberikan kontribusi yang lebih dari kewajiban formal bukanlah merupakan bentuk perilaku organisasi yang dapat dimunculkan melalui basis kewajiban- kewajiban peran formal karyawan, perilaku ini sebagai organizational citizenship behaviors . Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial servant leadership yang terdiri dari altruistic calling, emotional healing, wisdom, Perssuasive Mapping dan Organizational Stewardship terhadap organizational citizenship behaviors Karyawan Malaysia Air Jakarta dan Surabaya. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan karyawan Malaysia Air Jakarta dan Surabaya yang bejumlah 50 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sensus. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan persamaan sebagai berikut: Y = -0,306 + 0,248 X 1 + 0,291 X 2 + 0,148 X 3 + 0,184 X 4 + 0,203 X 5 + e Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan servant leadership yang terdiri dari altruistic calling, emotional healing, wisdom, Perssuasive Mapping dan Organizational Stewardship terhadap organizational citizenship behaviors Karyawan Malaysia Airlines Jakarta dan Surabaya. Terdapat pengaruh secara parsial servant leadership yang terdiri dari altruistic calling, emotional healing, wisdom, Perssuasive Mapping dan Organizational Stewardship terhadap organizational citizenship behaviors Karyawan Malaysia Airlines Jakarta dan Surabaya. Kata kunci: servant leadership dan organizational citizenship behaviours

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 177 / 11 Nov a
Uncontrolled Keywords: LEADERSHIP ; ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIORS
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
RESSIE NOVANIE, 040530924UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorANIS ELIYANA, Dr., SE., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 05 Jan 2012 12:00
Last Modified: 28 Sep 2016 03:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2488
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item