PENINGKATAN DAYA ANTIFUNGI EKSTRAK KAYU MANIS (Cinnamomum burmannii L.) TERHADAP Candida albicans DENGAN KONSORSIUM ENZIM DARI SIPUT (Achatina fulica)

HIKMATUL KAMILIYAH, 080710310 (2011) PENINGKATAN DAYA ANTIFUNGI EKSTRAK KAYU MANIS (Cinnamomum burmannii L.) TERHADAP Candida albicans DENGAN KONSORSIUM ENZIM DARI SIPUT (Achatina fulica). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-kamiliyahh-21336-mpk691-k.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
24908.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kayu manis (Cinnamomum burmannii L.) yang merupakan tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia diketahui memiliki daya antifungi terhadap Candida albicans. Namun banyak dilaporkan bahwa Candida albicans resisten terhadap berbagai jenis antifungi, karena keberadaan bentuk biofilm yang dilindungi oleh matriks ekstraseluler. Konsorsium enzim siput yang mengandung berbagai jenis enzim hidrolase diharapkan dapat menghidrolisis matriks ekstraseluler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan konsorsium enzim siput (Achatina Fulica) dalam meningkatkan daya antifungi ekstrak kayu manis terhadap Candida albicans. Optimasi konsentrasi ekstrak kayu manis diakukan dengan mengamati profil pertumbuhan Candida albicans bentuk planktonik dengan penambahan ekstrak kayu manis. Konsentrasi optimum ekstrak kayu manis tersebut digunakan dalam perlakuan terhadap biofilm dan dibandingkan dengan perlakuan biofilm dengan konsorsium enzim siput serta perlakuan dengan campuran keduanya. Efektivitas antifungi tersebut diamati menggunakan analisis viabilitas sel. Konsentrasi optimum ekstrak kayu manis dalam menghambat Candida albicans adalah sebesar 250 ppm. Berdasarkan hasil analisis viabilitas sel, konsorsium enzim siput mampu menghambat pertumbuhan biofilm Candida albicans sebesar 22,8% dan meningkatkan daya antifungi ekstrak kayu manis terhadap biofilm Candida albicans sebesar 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPK 69 11 Kam p
Uncontrolled Keywords: CINNAMOMUM BURMANII
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsNIM
HIKMATUL KAMILIYAH, 080710310UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAfaf BaktirUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 12 Dec 2011 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 18:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24908
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item