STUDI POTENSI ENZIM SELULASE DARI KAPANG Trichoderma sp.3 DENGAN PERLAKUAN KONSENTRASI INDUSER Carboxy Methyl Cellulose DAN LAMA FERMENTASI

VIRNA DWI RISNAWANTI, 080914034 (2013) STUDI POTENSI ENZIM SELULASE DARI KAPANG Trichoderma sp.3 DENGAN PERLAKUAN KONSENTRASI INDUSER Carboxy Methyl Cellulose DAN LAMA FERMENTASI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPB 27 13 Ris s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan isolat kapang Trichoderma sp.3 dalam menghasilkan enzim selulase secara fermentasi, mengetahui pengaruh konsentrasi induser CMC dan lama waktu fermentasi terhadap diameter zona bening hasil uji potensi enzim selulase, serta memperoleh kombinasi dari variasi konsentrasi induser CMC dan lama waktu fermentasi yang menghasilkan diameter zona bening tertinggi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang menggunakan rancangan faktorial 4x4 dengan tiga kali ulangan. Variabel yang digunakan adalah konsentrasi induser CMC 0, 0,5, 1, dan 1,5% serta lama waktu fermentasi yang terdiri dari 3, 5, 7, dan 9 hari. Diameter zona bening hasil uji potensi enzim selulase dianalisa menggunakan uji ANAVA dua arah. Hasil menunjukkan bahwa dari semua kombinasi variasi konsentrasi induser CMC dan lama waktu fermentasi, secara kualitatif menunjukkan bahwa isolat kapang Trichoderma sp.3 berpotensi menghasilkan enzim selulase secara fermentasi dengan indikasi terbentuk zona bening pada uji potensi enzim selulase. Variasi konsentrasi induser CMC berpengaruh terhadap diameter zona bening, sedangkan lama waktu fermentasi tidak berpengaruh terhadap diameter zona bening. Diameter zona bening terendah didapat dari kombinasi induser CMC 0% dan lama waktu fermentasi 3 hari, sedangkan diameter zona bening tertinggi dicapai dari kombinasi konsentrasi induser CMC 1,5% dan lama waktu fermentasi 5 hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 27 13 Ris s
Uncontrolled Keywords: cellulase enzyme, clear zone diameter, CMC inducer, fermentation time.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
VIRNA DWI RISNAWANTI, 080914034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus Supriyanto, Drs., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 02 Oct 2013 12:00
Last Modified: 06 Sep 2016 07:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24945
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item