INDUKSI KALUS DARI EKSPLAN DAUN GANDARUSA (Justicia gendarussa Burm. f.) DENGAN PEMBERIAN KOMBINASI ZAT PENGATUR TUMBUH NAA, IAA DAN BAP

NUR FADILAH, 080914012 (2013) INDUKSI KALUS DARI EKSPLAN DAUN GANDARUSA (Justicia gendarussa Burm. f.) DENGAN PEMBERIAN KOMBINASI ZAT PENGATUR TUMBUH NAA, IAA DAN BAP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPB 49 13 Fad i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi zat pengatur tumbuh NAA, IAA, dan BAP terhadap lama waktu (induksi) kalus, berat basah kalus dan berat kering kalus, mengetahui morfologi kalus serta kombinasi yang sesuai untuk menginduksi kalus dari eksplan daun Justicia gendarussa Burm.f.. Penelitian ini menggunakan eksplan daun Justicia gendarussa Burm.f. yang ditumbuhkan pada media MS padat dengan masing-masing konsentrasi untuk NAA dan IAA adalah (0,5; 1; 1,5), sedangkan untuk konsentrasi BAP adalah (0,5; 1; 1,5; 2). Rancangan percobaan disusun dengan menggunakan rancangan faktorial tiga kali ulangan. Data berupa berat basah kalus dan berat kering kalus dianalisis menggunakan Two Way Anova Multivariate test, sedangkan morfologi kalus dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis Two Way Anova Multivariate test menunjukkan bahwa pemberian kombinasi zat pengatur tumbuh NAA, IAA dan BAP berpengaruh terhadap berat basah kalus dan berat kering kalus eksplan daun Justicia gendarussa Burm.f.. Morfologi (warna dan tekstur) kalus dengan pemberian kombinasi zat pengatur tumbuh NAA, IAA dan BAP menunjukkan bahwa warna yang teramati pada perlakuan kombinasi NAA dan BAP adalah putih, putih keruh, hijau, cokelat. Sedangkan warna yang teramati untuk kombinasi zat pengatur tumbuh IAA dan BAP pada eksplan daun Justicia gendarussa Burm. f. adalah cokelat muda, cokelat, hijau, dan hitam. Penampakan kalus pada semua kombinasi perlakuan menunjukkan bahwa tekstur kalus kompak. Dari semua perlakuan kombinasi zat pengatur tumbuh NAA, IAA dan BAP dari penelitian ini yang sesuai untuk lama waktu (hari) induksi kalus adalah N1B1,5; untuk berat basah N1B0,5 dan untuk berat kering kalus adalah N0,5B1,5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 49 13 Fad i
Uncontrolled Keywords: Justicia gendarussa Burm. f., NAA, IAA, and BAP, callus induction
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
NUR FADILAH, 080914012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Kusuma Wahyuni, , S.Si., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 07 Oct 2013 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 02:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24965
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item