RESPON PERTUMBUHAN, KERAPATAN STOMATA DAN KANDUNGAN KLOROFIL TANAMAN SIRIH MERAH (Piper crocatum Ruiz and Pav.) PADA BERBAGAI WARNA CAHAYA TAMPAK

NURISA, ARYANA (2013) RESPON PERTUMBUHAN, KERAPATAN STOMATA DAN KANDUNGAN KLOROFIL TANAMAN SIRIH MERAH (Piper crocatum Ruiz and Pav.) PADA BERBAGAI WARNA CAHAYA TAMPAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPB 56 13 Nur r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh warna cahaya terhadap pertumbuhan, kerapatan stomata dan kandungan klorofil daun tanaman sirih merah (Piper crocatum Ruiz and Pav.). Penelitian bersifat eksperimental. Warna cahaya berasal dari 4 lampu tubular neon dan daya delapan watt dengan cahaya berwarna putih, merah, biru dan hijau. Delapan pot tanaman diberi perlakuan warna cahaya dalam sebuah chamber tripleks dan dipapar selama 12 jam sehari selama delapan minggu. Pengamatan terhadap pertumbuhan, yaitu tinggi tanaman, jumlah daun dan diameter batang dilakukan pada minggu keempat hingga kedelapan setelah perlakuan, kerapatan stomata diamati menggunakan mikroskop cahaya dan kandungan klorofil diamati melalui metode kromatografi kertas dan spektrofotometer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum warna cahaya mempengaruhi pertumbuhan, cahaya merah memberikan respon pertumbuhan yang lebih baik diantara perlakuan warna cahaya yang lain, yang meliputi tinggi tanaman (6,83 ± 0,32 cm), jumlah daun (3,38 ± 0,52 helai daun) dan diameter batang (0,35 ± 0,05 cm). Akan tetapi perlakuan cahaya matahari memiliki respon pertumbuhan yang terbaik dibandingkan perlakuan warna cahaya. Kerapatan stomata tertinggi terjadi pada perlakuan cahaya merah, yaitu sebesar 14,88 ± 1,46/luas lapang pandang dan nilai rata-rata kandungan klorofil total tertinggi dimiliki pada perlakuan cahaya hijau sebesar 15,981 ± 0,014 mg/L, sedangkan berdasarkan metode kromatografi kertas secara umum menunjukkan kemiripan dalam hal ukuran pita, warna yang muncul dan pola pita yang dibentuk. Kesimpulan penelitian ini adalah warna cahaya mempengaruhi pertumbuhan, kerapan stomata dan kandungan klorofil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 56 13 Nur r
Uncontrolled Keywords: chlorophyll content, growth, light color, stomatal density
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
NURISA, ARYANAUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHery Purnobasuki, Drs. , M.Si.,UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 08 Oct 2013 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 02:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24972
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item