Profil pantai bama berdasarkan substrat, keberadaan lamun, bentuk pertumbuhan terumbu karang dan keberadaan echinodermata

Noorafebrianie Minarputri (2013) Profil pantai bama berdasarkan substrat, keberadaan lamun, bentuk pertumbuhan terumbu karang dan keberadaan echinodermata. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-minarputri-30937-mpb-14-1-p.pdf

Download (252kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pantai Barna adalah salah satu pantai yang paling sering dikunjungi di Taman Nasional Baluran, Situbondo. Akan tetapi, pantai tersebut belum mempunyai infonnasi mengenai profil pantaL Infonnasi profil pantai amat penting karena dapat dijadikan acuan dalam kegiatan pemantauan sumber daya pesisir dan laut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil Pantai Barna berdasarkan substrat, keberadaan lamun, bentuk pertumbuhan terumbu karang, dan keberadaan Echinodennata. Metode penelitian ini menggunakan metode transek kuadrat. Sebanyak 5 transek ditarik menuju laut dari posisi pasang tertinggi sampai mendekati zona tubir. Jarak antar transek berkisar antara 35-40 m. Di tiap transek diletakkan plot ukuran lx1 m, denganjarak antar-plot 8-15 m. Setiap plot penelitian dicatat titik koordinatnya sehingga hasil penelitian ini berupa data pada tiap plot sampling. Hasil dari penelitian ini yaitu tipe substrat yang mendominasi di Pantai Barna berupa pasir yang selalu bercampur dengan kerikil. Substrat dari kelompok batu dapat ditemui di dekat batas pasang tertinggi dan di daerah rataan terumbu yang mendekati zona tubir. Lamun dapat ditemui di harnpir semua plot yaitu plot dengan jarak kurang lebih 10m hingga 250 m dari batas pasang tertinggi. Bentuk pertumbuhan terumbu karang yang mendominasi zona rataan terumbu adalah coral submassive, kemudian daerah yang mendekati zona tubir mulai didominasi oleh coral massive. Di Pantai Barna dapat ditemui 5 kelas dan 9 ordo filum Echinodennata. Ordo-ordo terse but dapat ditemui di hampir semua daerah, mulai daerah berpasir, daerah lamun, dan daerah terumbu karang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB.14/13 Min p (Fulltext tidak tersedia)
Uncontrolled Keywords: Bama beach, beach profile, substrate, seagrass, coral ltlelorm, Echinodermata
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Noorafebrianie MinarputriUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 21 Oct 2013 12:00
Last Modified: 13 Oct 2016 06:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24980
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item