BIOLOGI REPRODUKSI TERIPANG Paracaudina australis DI SELAT MADURA PADA PERIODE BULAN AGUSTUS, SEPTEMBER, DAN OKTOBER 2012

CICIK SETYO BUDI UTAMI, 081014012 (2012) BIOLOGI REPRODUKSI TERIPANG Paracaudina australis DI SELAT MADURA PADA PERIODE BULAN AGUSTUS, SEPTEMBER, DAN OKTOBER 2012. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-utamicicik-33276-5.-abstr-k.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
40.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui biologi reproduksi teripang Paracaudina australis pada bulan Agustus, September, dan Oktober 2012 serta membandingkan hasil penelitian tersebut dengan penelitian periode bulan Februari hingga Juli 2012 untuk memperkirakan puncak reproduksi. Sebanyak 25 sampel teripang diambil dari Selat Madura setiap bulan pada bulan Purnama selama tiga bulan berturut-turut sehingga seluruh sampel yang didapatkan adalah 75 sampel. Sampel ditimbang berat dinding tubuh dan berat gonadnya untuk mendapatkan indeks gonad (IG). Gonad diisolasi, dikarakterisasi, dan dibuat sediaan. Sediaan histologi gonad digunakan untuk penentuan jenis kelamin dan indeks maturitas (IM) sedangkan sediaan smear cairan tubulus gonad digunakan untuk uji konfirmasi penentuan jenis kelamin. IG dianalisis menggunakan Oneway Anova (α=0,05). IM dianalisis menggunakan uji Kruskal-Wallis (α=0,05). Hasil menunjukkan tahap perkembangan gonad meliputi gametogenesis, mature, spawning, dan post spawning. Keempat tahap tersebut selalu ditemukan di setiap bulan. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan, yaitu Ciri-ciri histologi gonad jantan adalah ditemukan spermatozoa sedangkan pada betina adalah ditemukan oosit; Pola reproduksi individual P. australis menunjukkan pola reproduksi sinkron sedangkan reproduksi populasi menunjukkan pola reproduksi asinkron; Diprediksikan bahwa P. australis memijah sepanjang tahun dan puncak reproduksi terjadi pada bulan Oktober 2012; Penentuan jenis kelamin dapat dilakukan dengan mengamati adanya oosit pada cairan tubulus gonad.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB. 07/14 Uta b
Uncontrolled Keywords: sea cucumber, Paracaudina australis,maturity index, the higher of reproductive activity.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
CICIK SETYO BUDI UTAMI, 081014012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Dwi Winarni, M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorDr. Alfiah Hayati, M. KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 19 Feb 2014 12:00
Last Modified: 17 Oct 2016 09:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25021
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item