PENYELESAIAN MASALAH MATCHING DENGAN PENUGASAN GANDA YANG DIBATASI MENGGUNAKAN HYBRID ALGORITMA ARTIFICIAL BEE COLONY (ABC) DAN ALGORITMA SIMULATED ANNEALING (SA)

REZHA KURNIAWAN SYAH, 080912088 (2014) PENYELESAIAN MASALAH MATCHING DENGAN PENUGASAN GANDA YANG DIBATASI MENGGUNAKAN HYBRID ALGORITMA ARTIFICIAL BEE COLONY (ABC) DAN ALGORITMA SIMULATED ANNEALING (SA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-syahrezhak-33322-6.-abstr-k.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
25029-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Matching dengan penugasan ganda yang dibatasi adalah suatu permasalahan dalam pembagian atau alokasi penugasan untuk memberikan keuntungan yang maksimal. Oleh karena itu, tujuan dari penulisan skripsi ini adalah menyelesaikan masalah Matching dengan penugasan ganda yang dibatasi dengan hybrid algoritma Artificial Bee Colony (ABC) dan algoritma Simulated Annnealing (SA). Algoritma ABC merupakan salah satu metode heuristic yang diinspirasikan dengan kehidupan sebuah koloni lebah pada saat mereka mencari sumber makanan. Algoritma SA merupakan metode yang dianalogikan dengan proses annealing. Hybrid algoritma ABC dan algoritma SA adalah gabungan dari kedua algoritma dengan cara memasukkan proses algoritma SA ke proses algoritma ABC. Proses algoritma ini dimulai dengan inisialisasi parameter, pembangkitan solusi awal, menghitung nilai fitness solusi awal, pencarian neighbourhood dari solusinya dan menghitung nilai fitnessnya, seleksi roulette wheel, pencarian solusi baru dengan neighbourhood dari solusinya untuk onlooker, menghitung nilai fitness onlooker bee, pemilihan solusi untuk algoritma SA, melakukan proses algoritma SA terhadap solusi yang sudah dipilih dengan heuristic mutation, mengingat solusi terbaik, mencari solusi habis, dan proses berlanjut sampai maksimal iterasi. Data yang digunakan adalah data 10 pekerjaan dengan 4 konsultan, data 25 pekerjaan dengan 7 konsultan, dan data 18 pekerjaan dengan 7 konsultan yang diselesaikan dengan bahasa pemrogaman Java Netbeans IDE 7.2. Fungsi tujuan (laba) maksimal berdasarkan dari hybrid algoritma ABC dan algoritma SA didapatkan untuk data 10 pekerjaan dengan 4 konsultan sebesar 1050 satuan mata uang, untuk data 25 pekerjaan dengan 7 konsultan sebesar 2056 satuan mata uang, sedangkan untuk data 18 pekerjaan dengan 7 konsultan sebesar 1522 satuan mata uang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM 05/14 Sya p
Uncontrolled Keywords: Matching Problems with Bounded Multiple Assignment, Artificial Bee Colony Algorithm, Simulated Annealing Algorithm, Hybrid
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
REZHA KURNIAWAN SYAH, 080912088UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Herry Suprajitno, M. SiUNSPECIFIED
Thesis advisorAuli Damayanti, S.Si., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 24 Feb 2014 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 17:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25029
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item