PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK KRIMER NABATI (non-dairy creamer) JENIS ABC DI PT. XYZ MENGGUNAKAN ANALISIS MULTIVARIAT T2 HOTELLING

MOH. ISA ANSORI, 080912098 (2014) PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK KRIMER NABATI (non-dairy creamer) JENIS ABC DI PT. XYZ MENGGUNAKAN ANALISIS MULTIVARIAT T2 HOTELLING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-ansorimohi-33323-6.-abstr-k.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
25030-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kualitas merupakan salah satu pertimbangan penting bagi konsumen untuk memilih sebuah produk sehingga pengendalian kualitas wajib dilakukan agar hasil produksi memenuhi spesifikasi yang diinginkan. Dalam kenyataannya, proses produksi modern telah berubah menjadi kompleks dan terintegrasi sehingga kualitas produk ditentukan oleh interaksi beberapa karakteristik yang berkorelasi. Dengan demikian, pemantauan karakteristik kualitas proses secara terpisah dan mengabaikan interaksi atau korelasi yang mungkin terjadi diantara karakteristik kualitas proses, tidak cukup untuk mencerminkan situasi proses secara utuh. Jadi perlu digunakan teknik yang memadai untuk memantau kualitas proses beberapa karakteristik. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan pengendalian kualitas produk krimer nabati jenis ABC pada PT. XYZ yang memiliki beberapa karakter kualitas yaitu Bulk Density dan Moisture. Sehingga harus dianalisis menggunakan metode multivariat. Pada penelitian ini penulis menggunakan analisis bagan kedali multivariat Hotelling dimana dalam analisis data multivariat menggunakan matriks rata-rata yang diformulasikan untuk menghasilkan nilai yang digunakan untuk menganalisa sinyal-sinyal produk berada diluar kendali. Berdasarkan 31 sampel pengamatan dengan ukuran yang berbeda menunjukkan bahwa proses belum terkendali. Hal ini dikarenakan terdapat 2 sampel yaitu pada sampel pengamatan ke- 16 dan 20 berada pada luar batas kendali. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa pada sampel ke 16 disebabkan oleh variabel Moisture dan sampel ke 20 disebabkan oleh variabel Bulk Density.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM. 06/14 Ans p
Uncontrolled Keywords: Quality Control, Vegetable Creamer, Bulk Density, Moisture, Multivariate, Chart control of T2 Hotelling.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
MOH. ISA ANSORI, 080912098UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorToha Saifudin, M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorDrs. Suliyanto, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 24 Feb 2014 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 16:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25030
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item