PENGARUH NEGATIVE EARNINGS EFFECT HYPOTHESIS TERHADAP MARKET OYERREACTION PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

DIAH ANGGRANNI, 040710250 (2012) PENGARUH NEGATIVE EARNINGS EFFECT HYPOTHESIS TERHADAP MARKET OYERREACTION PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-anggrannid-18168-b12711.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengumuman earnings menjadi suatu hal yang penting bagi sebagian investor karena earnings merepresentasikan kinerja suatu perusahaan. Pengumuman negative earnings memungkinkan terjadinya perubahan harga yang tajam. Oleh karena itu, adanya pengumuman negative earnings dianggap sebagai berita buruk ( bad news) . Umumnya investor akan bereaksi berlebihan terhadap berita buruk karena hal tersebut dianggap sebagai suatu peristiwa yang dramatis. Adanya reaksi berlebihan tersebut mengindikasikan bahwa pasar tidak efisien. Pasar yang tidak efisien akan menyebabkan terjadinya anomali (ketidakteraturan). Anomali tersebut salah satunya terkait dengan peristiwa pembalikan harga yaitu peristiwa yang mengindikasikan adanya market overreaction. Oleh karena itu, NEEH menyarankan agar investor tidak terlalu berlebihan dalam menanggapi adanya pengumuman negative earnings dan menyarankan untuk mempertimbangkan keadaan perusahaan yang mengumumkan negative earnings. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya market overreaction pada perusahaan yang mengumumkan negative earnings dan mengetahui besarnya perubahan EPS perusahaan yang mengumumkan negative earnings setelah tahun pengumuman kerugian dibandingkan dengan perusahaan yang mengumumkan positive earnings. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan model analisis uji beda atau t-test dengan signifikansi 5% serta event windows lima hari sebelum pengumuman laporan keuangan, satu hari saat pengumuman laporan keuangan, dan lima hari setelah pengumuman laporan keuangan (t-5 s / d t+5). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2004-2008 sehingga hasil yang didapat sebanyak 135 perusahaan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa tidak terdapat market overreaction pada perusahaan yang mengumumkan negative earnings. Penelitian yang terkait dengan NEEH juga tidak terbukti dengan keadaan rata-rata perubahan EPS portofolio kategori saham negative earnings tidak lebih besar dibandingkan keadaan rata-rata perubahan EPS portofolio kategori saham positive earnings. Kata Kunci : Efficient Market Hypothesis (EMH), reaksi pasar, overreaction , negative earnings, pembalikan harga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 127 / 11 Ang p
Uncontrolled Keywords: MARKET REACTION; NEGATIVE EARNINGS
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DIAH ANGGRANNI, 040710250UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPuput Tri K, SE.,MSI.,MM.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 09 Jan 2012 12:00
Last Modified: 05 Oct 2016 04:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2512
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item