RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN JUMLAH TENAGA KERJA LAPANGAN (SURVEYOR) PADA BIDANG SOLUSI PERDAGANGAN MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY DENGAN INFERENSI TSUKAMOTO (STUDI KASUS DI PT. SUCOFINDO CABANG SURABAYA)

DESTRIANA ORCHIDEA, 080916072 (2013) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN JUMLAH TENAGA KERJA LAPANGAN (SURVEYOR) PADA BIDANG SOLUSI PERDAGANGAN MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY DENGAN INFERENSI TSUKAMOTO (STUDI KASUS DI PT. SUCOFINDO CABANG SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-orchideade-29052-6.abstr-k.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI 21-13 Ocr r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penentuan jumlah surveyor yang harus diturunkan ke dalam suatu tugas atau proyek di lapangan merupakan bagian penting yang mempengaruhi kelangsungan sebuah tugas atau proyek. Namun, dalam menentukan jumlah surveyor ini, manajemen bidang solusi perdagangan mengambil keputusan dengan melakukan prediksi secara subyektif tanpa melalui sistem tertentu. Hal ini kemudian berdampak pada munculnya permasalahan, yaitu ketidaktepatan jumlah surveyor sehingga menghambat terselesaikannya suatu tugas atau proyek. Pada penelitian ini, suatu sistem pendukung keputusan penentuan jumlah tenaga kerja lapangan (surveyor) pada bidang solusi perdagangan dirancang dan dibangun dengan menggunakan logika fuzzy yang bertujuan untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan. Rancang bangun sistem pendukung keputusan penentuan jumlah surveyor ini dilakukan melalui empat tahap. Tahap pertama adalah pengumpulan data melalui wawancara dan kuisioner untuk memperoleh faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan beserta batasan nilai dari faktor-faktor tersebut. Tahap kedua adalah pengolahan data hasil wawancara dan kuisioner dengan membuat fungsi keanggotaan. Tahap ketiga adalah analisis sistem dengan logika fuzzy. Langkah-langkah yang dilakukan dalam analisis sistem, yaitu fuzzyfikasi, inferensi menggunakan Tsukamoto, dan defuzzyfikasi. Tahap keempat adalah perancangan dan pembangunan sistem. Perancangan sistem menggunakan Data Flow Diagram (DFD) untuk menggambarkan entitas, proses, data store, dan alur data yang berperan dalam penentuan jumlah surveyor. Pembangunan sistem meliputi implementasi sistem dan evaluasi sistem. Penelitian ini menghasilkan sistem pendukung keputusan dengan menerapkan logika fuzzy yang terdiri dari 1 entitas dan 3 data store pada rancangan DFD, algoritma program penentuan jumlah surveyor, implementasi antarmuka untuk kepala bidang, dan hasil evaluasi sistem yang menunjukkan 87% keputusan yang sesuai untuk mengatasi permasalahan yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 ST.SI 21/13 Ocr r
Uncontrolled Keywords: DESIGN AND DEVELOPMENT
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T59.7-59.77 Human engineering in industry. Man-machine systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
DESTRIANA ORCHIDEA, 080916072UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKartono,, Drs., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 27 Dec 2013 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 02:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25151
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item