TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT PADA PROSES DS5 ENSURE SECURITY DI UNIVERSITAS AIRLANGGA

ANDI REZZA KUSUMA, 080810696 (2013) TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT PADA PROSES DS5 ENSURE SECURITY DI UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-kusumaandi-29055-6.abstr-k.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI 24-13 Kus t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Direktorat sistem informasi Universitas Airlangga merupakan organisasi penunjang yang memiliki tugas untuk dalam menerapkan teknologi informasi. Dalam menerapkan teknologi informasi muncul ancaman keamanan teknologi informasi seperti serangan hacker terhadap web blog mahasiswa. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibuatlah sebuah tata kelola teknologi informasi mengelola keamanan teknologi informasi, dan mengukur Maturity Level proses Ensure Security System saat ini dengan yang diharapkan dengan menggunakan kerangka kerja COBIT 4.1. Ada lima tahapan dalam penelitian ini. Tahap pertama, studi pustaka dan perumusan masalah.Tahap kedua, yaitu pembuatan kuesioner survei yang akan dibagikan kepada responden. Tahap ketiga, pelaksanaan survei untuk mendistribusikan kuesioner. Tahap keempat, yaitu analisis terhadap hasil survei jawaban dari kuesioner yang telah disebarkan. Tahap kelima adalah perumusan solusi perbaikan atas berbagai permasalahan dalam pelaksanaan tata kelola pada proses Ensure Security System. Berdasarkan hasil analisis,disimpulkan bahwa tingkat kematangan dari proses DS5 untuk kondisi saat ini secara keseluruhan pada level 2-repeatable but intuitive. Adapun solusi perbaikan yang dihasilkan yaitu tahap pencapaian tingkat kematangan 3 dan pencapaian tingkat kematangan 4. Agar dapat mencapai tingkat kematangan 3 maka dihasilkan beberapa tindakan perbaikan seperti menetapkan tujuan dari proses DS5 yang dikaitkan dengan tujuan bisnis pihak Universitas, melaksanakan pelatihan formal mengenai keamanan TI bagi staf-staf yang bertanggung jawab terhadap keamanan TI. Sedangkan untuk mencapai tingkat kematangan 4 maka dihasilkan beberapa tindakan perbaikan seperti melakukan perbaikan secara continue pada proses DS5, dan melakukan sosialisasi dan komunikasi keseluruh jajaran Universitas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan keamanan TI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 ST.SI 24/13 Kus t
Uncontrolled Keywords: INFORMATION TECHNOLOGY
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
ANDI REZZA KUSUMA, 080810696UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEva Hariyanti,, S.Si., M.TUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 27 Dec 2013 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 02:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25154
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item