PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN PROMOSI KARYAWAN PADA PT. SINAR SOSRO KANTOR PENJUALAN WILAYAH (KPW) JAWA TIMUR DENGAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

NI LUH SUWEDANI PUTRI, 080916008 (2013) PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN PROMOSI KARYAWAN PADA PT. SINAR SOSRO KANTOR PENJUALAN WILAYAH (KPW) JAWA TIMUR DENGAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
gdlhub-gdl-s1-2013-putriniluh-29056-6.abstr-k.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI 25-13 Put p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tahap penilaian dalam promosi karyawan merupakan bagian penting yang mempengaruhi pengambilan keputusan. Dalam tahap penilaian menggunakan multi kriteria yang tidak hanya bersifat kuantitatif tetapi juga kualitatif sehingga menjadi kesulitan bagi panelis untuk memberikan penilaian secara tepat. Disamping itu, subyektifitas yang tinggi menjadi masalah selama penilaian berlangsung. Pada penelitian ini, dirancang suatu sistem pendukung keputusan promosi karyawan dengan menggunakan metode Fuzzy Analytical Hierarchi Process (FAHP) yang bertujuan untuk membantu managemen dalam mengambil keputusan. Perancangan sistem pendukung keputusan promosi karyawan dilakukan melalui tiga tahap. Tahap yang pertama adalah pengumpulan data melalui wawancara dan kuisioner untuk memperoleh tingkat kepentingan kriteria dan batasan nilai. Tahap kedua adalah pengolahan data hasil kuisioner dengan metode FAHP. Langkah-langkah dalam pengolahan data yaitu Decomposition, Pairwise Comparison Matrix (PCM), Logical Consistency, konversi PCM, Synthetic Pairwise Comparison, Fuzzy Weight, penilaian alternatif karyawan, Fuzzy Synthetic Decision, dan Fuzzy Ranking. Tahap ketiga adalah perancangan sistem. Perancangan sistem dimulai dari perancangan Data Flow Diagram (DFD) untuk menggambarkan entitas, proses, data store, dan alur data yang berperan dalam promosi karyawan, kemudian penyusunan algoritma, dan selanjutnya perancangan antarmuka sistem. Penelitian ini menghasilkan rancangan sistem pendukung keputusan dengan menerapkan metode FAHP yang terdiri dari 2 entitas dan 7 data store pada rancangan DFD, algoritma promosi karyawan, dan desain antarmuka untuk panelis dan admin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 ST.SI 25/13 Put p
Uncontrolled Keywords: INFORMATION DESIGN
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T58.7-58.8 Production capacity. Manufacturing capacity
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
NI LUH SUWEDANI PUTRI, 080916008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEto Wuryanto,, Drs., DEAUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 27 Dec 2013 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 02:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25155
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item