ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTORI OBAT DI RUMAH SAKIT HEWAN UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN METODE BERORIENTASI OBJEK

RENADIAN ANGGARDA PUTERA YUNIZAR, 080810331 (2013) ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTORI OBAT DI RUMAH SAKIT HEWAN UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN METODE BERORIENTASI OBJEK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-yunizarren-29060-6.abstr-k.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
25159-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit Hewan Universitas Airlangga Surabaya dalam mengelola proses bisnisnya masih menggunakan metode manual. Dalam proses bisnis inventori obat, banyaknya jenis dan nama obat yang ada di dalam inventori, tentu saja menyulitkan pihak pengelola inventori obat Rumah Sakit Hewan Universitas Airlangga Surabaya dalam mencatat, mencari, dan mengelola berbagai macam jenis dan nama obat. Oleh karena itu, dalam penulisan skripsi ini dirancang sebuah sistem informasi inventori obat yang menggunakan metode berorientasi objek yang dapat menjadi acuan atau blueprint dalam merancang sistem informasi inventori obat. Di dalam merancang sistem informasi inventori obat dengan metode berorientasi objek, ada empat tahap yang harus dilakukan. Pada tahap pertama, dilakukan pengumpulan data untuk mendapatkan gambaran proses bisnis inventori obat. Selanjutnya, pada tahap kedua, dilaksanakan proses analisis mengenai permasalahan yang terjadi pada sistem manual agar didapatkan user requirement untuk sistem informasi inventori obat yang akan dibuat. Selanjutnya, pada tahap ketiga, dilaksanakan pemodelan hasil dari analisis permasalahan pada tahap kedua, kedalam bentuk diagram-diagram UML Pada tahap terakhir, dilaksanakan proses evaluasi rancangan dengan menggunakan prototype dan perhitungan metric untuk menguji pengimplementasian rancangan serta menguji kesesuaian hasil rancangan dengan harapan pengguna. Hasil dari perancangan sistem informasi inventori obat ini berupa sebuah rancangan sistem informasi inventori obat yang terkomputerisasi. Dari hasil kuesioner prototype system, sebanyak 100% responden menilai tampilan rancangan prototype menarik, 80% responden menyatakan bahwa rancangan prototype sangat membantu jalannya proses bisnis, dan 80% responden menyatakan sangat berminat apabila rancangan tersebut diimplementasikan di Rumah Sakit Hewan Universitas Airlangga. Sedangkan dari hasil perhitungan metrics, hasil perhitungan menyatakan bahwa rancangan sistem informasi inventori obat yang sudah dibuat akan dapat diimplementasikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 ST.SI 29/13 Yun a
Uncontrolled Keywords: INFORMATION DESIGN
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
RENADIAN ANGGARDA PUTERA YUNIZAR, 080810331UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndah Purwanti, S.Si, M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 27 Dec 2013 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 17:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25159
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item