RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN OPTIMASI JUMLAH PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE FUZZY LINEAR PROGRAMMING (STUDI KASUS PT. SURYA PRATISTA HUTAMA SIDOARJO)

DARUL FIRMANSYAH, 080916048 (2013) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN OPTIMASI JUMLAH PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE FUZZY LINEAR PROGRAMMING (STUDI KASUS PT. SURYA PRATISTA HUTAMA SIDOARJO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-firmansyah-29061-6.abstr-k.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI 30-13 Fir r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

berpedoman pada pemenuhan minimal target produksi untuk setiap produknya. Hal ini dirasa kurang tepat karena minimal produksi yang ditargetkan mungkin saja tidak optimal, sehingga menambah biaya produksi dan mengurangi profit bagi perusahaan. Pada penelitian ini, suatu sistem pendukung keputusan optimasi jumlah produksi dirancang dan dibangun menggunakan metode Fuzzy Linear Programming yang bertujuan untuk mengoptimalisasikan jumlah produksi mie kering di PT. Surya Pratista Hutama. Rancang bangun sistem pendukung keputusan optimasi jumlah produksi ini dilakukan melalui tiga tahap. Tahap pertama adalah pengumpulan dan pengolahan data melalui wawancara dan kuisioner untuk memperoleh faktor-faktor yang mempengaruhi proses produksi beserta laba dan jumlah minimal produksi untuk setiap produk. Tahap kedua adalah analisis sistem dengan metode Fuzzy Linear Programming. Langkah-langkah yang dilakukan dalam analisis sistem, yaitu tabulasi data, formulasi dan perhitungan model linear programming, serta formulasi dan perhitungan model fuzzy linear programming. Tahap ketiga adalah perancangan dan pembangunan sistem. Perancangan sistem menggunakan flowchart untuk untuk menggambarkan aliran proses pengambilan keputusan optimasi jumlah produksi. Pembangunan sistem meliputi implementasi sistem dan evaluasi sistem. Penelitian ini menghasilkan sistem pendukung keputusan dengan menerapkan fuzzy linear programming yang terdiri dari 5 input utama, 3 proses, dan 3 output utama pada flowchart, algoritma program optimasi jumlah produksi, implementasi antarmuka sistem, dan evaluasi sistem yang menunjukkan bahwa hasil optimasi menggunakan program menghasilkan nilai produksi yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 ST.SI 30/13 Fir r
Uncontrolled Keywords: PROGRAMMING
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
DARUL FIRMANSYAH, 080916048UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKartono,, Drs., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 27 Dec 2013 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 03:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25160
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item