SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN PEMBUKAAN JALUR TRAYEK BARU BUS ANTAR KOTA ANTAR PROVINSI DENGAN METODE FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (Studi Kasus Biro Perjalanan Umum Rosalia Indah)

ADITYA PRASTYO, 080916055 (2013) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN PEMBUKAAN JALUR TRAYEK BARU BUS ANTAR KOTA ANTAR PROVINSI DENGAN METODE FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (Studi Kasus Biro Perjalanan Umum Rosalia Indah). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-prastyoadi-29064-6.abstr-k.pdf

Download (64kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI 33-13 Pra s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PU Rosalia Indah adalah perusahaan penyedia layanan jasa transportasi angkutan umum bus antar kota antar provisi (AKAP) yang sedang melakukan ekspansi pasar dengan membuka jalur trayek baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah sistem pendukung keputusan menggunakan metode fuzzy simple additive weighting untuk membantu Presiden Direktur BPU Rosalia Indah dalam menentukan alternatif keputusan terbaik pada proses pembukaan jalur trayek baru bus AKAP. Sistem pendukung keputusan yang dibangun melalui 4 tahap, yaitu tahap pengumpulan data dan informasi melalui wawancara, dan kuisioner untuk mendapatkan kriteria yang menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan, serta data – data yang dibutuhkan. Tahap kedua adalah tahap pengolahan data dan informasi dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran sistem yang akan dibangun. Tahap ketiga adalah analisis sistem dengan metode fuzzy simple additive weighting. Langkah – langkah dalam analisis sistem, yaitu rating state, aggregation state, dan selection state. Tahap keempat adalah perancangan dan pembangunan sistem. Perancangan sistem menggunakan DFD untuk menggambarkan external entitity, proses, datastore, dan alur dari sistem, CDM dan PDM untuk merancang database, serta perancangan input / output untuk menggambarkan desain user interface dari sistem yang dibangun. Sedangkan pembangunan sistem terdiri dari implementasi dan evaluasi sistem yang dibangun. Implementasi sistem menghasilkan 3 external entity, 12 datastore, algoritma untuk menghasilkan rekomendasi alternatif jalur trayek, serta tampilan user interface yang akan digunakan user untuk berinteraksi dengan sistem. Berdasarkan hasil evaluasi sistes dapat disimpulkan, bahwa sistem yang dibangun memiliki tingkat keakuratan sebesar 80 %. Selain itu output dari sistem dapat membantu BPU Rosalia Indah dalam pengambilan keputusan pada proses pembukaan jalur trayek baru bus AKAP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 ST.SI 33/13 Pra s
Uncontrolled Keywords: INFORMATION SYSTEM
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.4 Managerial control systems
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
ADITYA PRASTYO, 080916055UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKartono,, Drs., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 27 Dec 2013 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 03:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25163
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item