RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN OPTIMASI PENJADWALAN MATA KULIAH FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN METODE TABU SEARCH

AHMAD MUZAKKI, 080810092 (2013) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN OPTIMASI PENJADWALAN MATA KULIAH FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN METODE TABU SEARCH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-muzakkiahm-29065-6.abstr-k.pdf

Download (56kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI 34-13 Muz r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan penjadwalan di Fakultas sains dan teknologi harus diselesaikan setiap tahun oleh bagian administrasi. Proses penyusunan jadwal yang dilakukan secara manual akan menghabiskan waktu yang lama. Pada proses penyusunan jadwal ada constrain yang harus dipertimbangkan. Constrain dimaksudkan untuk memberi batasan atau acuan dalam penyusunan jadwal. Tujuan penelitian ini adalah menyusun jadwal mata kuliah sesuai dengan constrain menggunakan algoritma tabu search . Dalam penelitian ini ada tiga tahap .Tahap pertama adalah tahap pengolahan data. Tahap ini menjelaskan bagaimana permasalahan penjadwalan mata kuliah pada fakultas sains dan teknologi universitas airlangga dimodelkan .Tahap kedua adalah tahap perancangan. Pada tahap perancangan di buat alur proses dan alur data dengan menggunakan data flow diagram. Pada tahap ini juga dirancang penulisan algoritma tabu search untuk proses optimasi dan dibuat disain data basenya . Tahap ketiga adalah implementasi. Setelah itu rancangan sistem, rancangan algoritma dan rancangan data base diimplementasikan ke dalam sebuah aplikasi berbasis web dengan PHP sebagai bahasa pemrogramanya dan MySQL sebagai databasenya. Pengujian sistem pendukung keputusan optimasi penjadwalan mata kuliah fakultas sains dan teknologi universitas airlangga dengan metode tabu search menunjukkan hasil yang memuaskan. Pada akhirnya sistem ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan penjadwlan mata kuliah pada fakultas sains dan teknologi universitas airlangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 ST.SI 34/13 Muz r
Uncontrolled Keywords: INFORMATION SYSTEM
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
AHMAD MUZAKKI, 080810092UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDyah Herawatie,, Ir., M,SiUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 27 Dec 2013 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 03:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25164
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item