SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PERINGATAN DINI KEJADIAN LUAR BIASA MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Studi Kasus Puskesmas Pucang Sewu Surabaya)

ARISTA PRATAMA, 080916019 (2014) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PERINGATAN DINI KEJADIAN LUAR BIASA MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Studi Kasus Puskesmas Pucang Sewu Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-pratamaari-29649-7.abstr-k.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
25169-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan kesehatan di Indonesia di dominasi oleh penyakit endemis seperti DBD dan diare yang sewaktu-waktu dapat menimbulkan terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) yang dapat mengakibatkan banyak korban penderita hingga timbulnya kematian. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan mengimplementasikan SPK peringatan dini KLB DBD dan diare menggunakan metode AHP berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) yang dapat memetakan resiko penyakit, identifikasi pola distribusi penyakit, memantau surveilans dan memprakirakan penjangkitan wabah penyakit (kewaspadaan dini) di Puskesmas Pucang Sewu Surabaya. Rancang bangun sistem pendukung keputusan peringatan dini KLB DBD dan diare berbasis SIG ini dilakukan melalui empat tahap. Tahap pertama adalah pengumpulan data melalui wawancara, kuisioner dan studi berkas untuk memperoleh faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya KLB DBD dan diare beserta bobot nilai dari faktor-faktor tersebut. Tahap kedua adalah pengolahan data hasil wawancara, kuisioner dan studi berkas yang telah didapat. Pada tahap kedua telah didapat faktorfaktor yang dapat mempengaruhi KLB DBD dan diare. Faktor-faktor tersebut adalah pasar, sungai, TPS, daerah rawan banjir, kepadatan penduduk dan jumlah penderita. Tahap ketiga adalah analisis sistem dengan metode AHP. Langkah-langkah yang dilakukan dalam analisis sistem, yaitu penilaian kriteria, pembobotan kriteria, pengujian consistency, penilaian alternatif, pembobotan alternatif, proses AHP dan pembuatan SIG. Tahap keempat adalah perancangan dan pembangunan sistem. Perancangan sistem menggunakan Use Case Diagram, Activity Diagram, dan Entity Relationship Diagram (ERD) untuk menggambarkan alur data, proses, dan entity yang berperan dalam peringatan dini KLB DBD dan diare. Penelitian ini telah melalui tahap evaluasi sistem yang menunjukkan kepuasan user (Kepala Puskesmas Pucang Sewu dan Petugas IT) terhadap sistem yang telah dibuat, dapat membantu untuk mengatasi permasalahan peringatan dini KLB DBD dan diare.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 ST.SI 01/14 Pra s
Uncontrolled Keywords: INFORMATION SYSTEM
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
ARISTA PRATAMA, 080916019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBadrus Zaman,, S.Kom, M.CsUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 28 Jan 2014 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 17:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25169
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item