RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN DAERAH POTENSI PENGEMBANGAN JARINGAN PIPA PDAM SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA BERBASIS SIG

NOER LAYLI BUDIANTO PUTRI, 080916060 (2014) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN DAERAH POTENSI PENGEMBANGAN JARINGAN PIPA PDAM SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA BERBASIS SIG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-putrinoerl-29651-7.abstr-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI 02-14 Put r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PDAM Surabaya merupakan salah satu perusahaahan BUMN sebagai pengelola air bersih dan juga bertugas untuk mendistribusikan ke masyarakat pelanggan PDAM. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih, maka PDAM melakukan beberapa cara, salah satunya yaitu dengan pengembangan jaringan pipa. Dalam proyek pengembangan jaringan pipa, pihak PDAM harus mengetahui daerah-daerah yang berpotensi untuk dikembangkan. Daerah potensi pengembangan jaringan pipa dipengaruhi oleh lima faktor penentu, salah satunya yaitu indeks pertumbuhan penduduk, kepadatan penduduk, persentase MBR, dan kebutuhan air. Dari keempat faktor tersebut dibutuhkan cara untuk mengetahui nilai faktor-faktor dimasa yang akan datang yang nantinya dapat berpengaruh pada perencanaan pengembangan jaringan pipa PDAM. Pada penelitian ini, rancang bangun sistem pengembangan jaringan pipa dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah pengumpulan data dan informasi berupa wawancara dan study literature. Tahap kedua adalah pengolahan data menggunakan metode peramalan yaitu metode aritmatik, geometri dan least square. Langkah-langkah yang dilakukan dalam pengolahan data adalah, meramalkan nilai setiap faktor, kemudian memberikan skor untuk setiap nilai lalu dilakukan perangkingan daerah potensi pengembangan pipa. Tahap ketiga adalah perancangan dan pembangunan sistem. Perancangan sistem menggunakan data flow diagram (DFD) untuk menggambarkan aliran data. Pembangunan sistem meliputi implementasi sistem dan evaluasi sistem. Hasil dari pengolahan data dengan metode peramalan didapatkan tujuan daerah-daerah yang berpotensi untuk pengembangan jaringan pipa. Hasil pencapaian nilai perhitungan manual oleh excel dengan perhitungan yang dilakukan oleh sistem dicapai kesamaan sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 ST.SI 02/14 Put r
Uncontrolled Keywords: INFORMATION SYSTEM
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
NOER LAYLI BUDIANTO PUTRI, 080916060UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEto Wuryanto,, Drs., DEAUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 28 Jan 2014 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 04:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25170
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item