PERENCANAAN ARSITEKTUR BISNIS BIDANG MEDIS UNTUK RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT PENDIDIKAN FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS AIRLANGGA

INTAN CANDRA GUSTRI, 080916003 (2014) PERENCANAAN ARSITEKTUR BISNIS BIDANG MEDIS UNTUK RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT PENDIDIKAN FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-gustriinta-29655-7.abstr-k.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI 04-14 Gus p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan medis merupakan bidang utama yang memiliki peran penting dalam mewujudkan tujuan RSGM-P FKG Unair, namun ada beberapa kegiatan dalam pelayanan medis yang kurang efisien dan belum bisa ditangan oleh sistem informasi yang ada saat ini. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan medis dibutuhkan suatu sistem informasi yang sesuai kebutuhan proses bisnisnya. Oleh karena itu skripsi ini berisi perencanaan arsitektur bisnis bidang medis untuk RSGM-P FKG Unair. Perencanaan arsitektur bisnis dalam penelitian ini menggunakan kerangka kerja TOGAF-ADM. Tahap pertama adalah menentukan landasan hukum dan prinsip arsitekur enterprise. Tahap kedua adalah mengidentifikasi profil, tujuan, visi dan misi, sasaran, dan memodelkan proses bisnis saat ini. Tahap ketiga adalah melakukan pemodelan perbaikan proses bisnis. Tahap terakhir adalah melakukan analisa gap proses bisnis dan merumuskan strategi implementasi. Hasil analisa gap menunjukkan presentase partial fit sebesar 42%, ini menunjukkan bahwa usulan perbaikan proses bisnis untuk bidang medis di RSGM-P FKG Unair tidak terlalu sulit untuk dilakukan namun memerlukan strategi yang tepat. Strategi yang diusulkan adalah implementasi proses bisnis baru sesuai prioritas, dukungan yang kuat dari manajemen, instalasi teknologi baru, SDM yang memenuhi kualifikasi, dan pembuatan standar operasional prosedur yang baru. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah arsitektur bisnis yang dapat digunakan sebagai pedoman desain dan implementasi untuk peningkatan kualitas pelayanan medis di RSGM-P FKG Unair.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 ST.SI 04/14 Gus p
Uncontrolled Keywords: Business Architecture Planning
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
INTAN CANDRA GUSTRI, 080916003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTaufik,, ST., M. Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 28 Jan 2014 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 04:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25172
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item