IMPLEMENTASI RANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN PILIHAN PROGRAM STUDI PADA SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI

M. FAHRIYAL AFIF, 080916007 (2014) IMPLEMENTASI RANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN PILIHAN PROGRAM STUDI PADA SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-afifmfahri-29656-6.abstr-k.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI 05-14 Afi i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setiap tahun, sebagian besar siswa kelas XII SMA berencana melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri. Akan tetapi, sebagian besar siswa masih bingung menentukan jurusannya. Di sisi lain daya tampung perguruan tinggi negeri melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) terbatas. Pada tahun 2012, telah dilakukan penelitian mengenai pemilihan program studi oleh Moh Nasrul Aziz. Penelitian tersebut menghasilkan sebuah rancangan sistem pendukung keputusan (SPK) untuk memilih program studi pada SNMPTN yang dapat dijadikan pedoman dalam pengimplementasiannya. Pada penelitian ini, akan diimplementasikan rancangan SPK pemilihan program studi pada SNMPTN dengan metode pemrograman berorientasi objek (PBO) dan metode pengujian white box testing dan black box testing. Implementasi rancangan SPK dilakukan dengan 7 tahap. Tahap pertama yaitu melakukan studi literatur untuk mendapatkan informasi mengenai implementasi sistem berbasis web. Tahap kedua yaitu mengumpulkan data yang dapat mendukung implementasi SPK. Tahap ketiga yaitu menganalisis rancangan SPK untuk mengidentifikasi komponen sistem sebelum diimplementasikan dan dilakukan perbaikan jika ditemukan kekurangan. Tahap keempat yaitu mengimplementasikan rancangan SPK berbasis web dengan metode PBO. Tahap kelima yaitu menguji sistem dengan metode white box testing untuk menguji pernyataan program. Tahap keenam yaitu menguji sistem dengan metode black box testing untuk menguji fungsi untuk menghasilkan saran program studi. Tahap ketujuh yaitu menguji kebenaran SPK untuk mengetahui kebenaran implementasi SPK terhadap perhitungan manual. Penelitian ini menghasilkan sistem pendukung keputusan pemilihan program studi pada SNMPTN berbasis web. Hasil pengujian white box testing menunjukkan bahwa setiap pernyataan di program dijalankan minimal sekali. Hasil pengujian black box testing menunjukkan bahwa sistem dapat menghasilkan saran program. Hasil pengujian kebenaran SPK menunjukkan bahwa SPK sudah bekerja dengan benar sesuai perhitungan manual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 ST.SI 05/14 Afi i
Uncontrolled Keywords: Systems Design
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
M. FAHRIYAL AFIF, 080916007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEto Wuryanto,, Drs., DEAUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 28 Jan 2014 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 04:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25173
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item