SIMULASI SISTEM PENCARIAN DAN PEMANTAUAN PERJALANAN KERETA API BERBASIS WEB-GIS DENGAN MEMANFAATKAN GPS DAN GOOGLE MAPS API

AFFAN GHAFFAR AHMAD, 080916056 (2014) SIMULASI SISTEM PENCARIAN DAN PEMANTAUAN PERJALANAN KERETA API BERBASIS WEB-GIS DENGAN MEMANFAATKAN GPS DAN GOOGLE MAPS API. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-ahmadaffan-29714-7.abstr-k.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI 07-14 Ahm s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kereta api merupakan salah satu moda transportasi publik yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Namun, minimnya informasi yang bisa didapatkan masyarakat seputar perjalanan kereta api masih sangat minim. Pada penelitian ini, kebutuhan tersebut diwujudkan dengan perancangan dan pembangunan sebuah sistem simulasi pencarian dan pemantauan perjalanan kereta api dengan memanfaatkan GPS dan Google Maps API yang bertujuan menghasilkan sistem yang dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan beragam informasi mengenai perjalanan kereta api. Perancangan dan pembangunan simulasi sistem pencarian dan pemantauan perjalanan kereta api ini dilakukan dengan beberapa tahap. Tahap pertama adalah analisis dan perancangan. Tahap ini dilakukan untuk mengindentifikasi kebutuhan pengguna dan mendefinisikan kelas-kelas dalam sistem yang akan dibuat dan menggambarkan hasil analisis sistem dengan menggunakan diagram flowchart, DFD, dan ERD. Tahap kedua adalah melakukan implementasi menggunakan beberapa bahasa pemrograman web dan aplikasi basis data. Tahap ketiga yakni melakukan uji coba sistem dengan menggunakan metode black box. Tahap ini digunakan untuk mengetahui kebenaran hasil keluaran yang diberikan oleh sistem. Penelitian ini memberikan gambaran bagaimana suatu simulasi sistem pencarian dan pemantauan perjalanan kereta api untuk mencari dan memantau perjalanan kereta api yang beroperasi pada daerah operasional VIII, dibuat dengan beragam fitur dan informasi terkait perjalanan kereta. Hasil pengujian dengan menggunakan black box menyatakan bahwa sistem sepenuhnya berjalan sesuai dengan harapan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 ST.SI 07/14 Ahm s
Uncontrolled Keywords: INFORMATION SYSTEM
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T173.2-174.5 Technological change
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
AFFAN GHAFFAR AHMAD, 080916056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadrus Zaman, S.Kom, M.CsUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 04 Feb 2014 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 04:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25175
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item