RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN PROYEK SUBKONTRAKTOR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE DI PT. KURNIA UTAMA RAYA MULTI SIDOARJO

DIKA PRANADHANI HUTOMO, 081016073 (2014) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN PROYEK SUBKONTRAKTOR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE DI PT. KURNIA UTAMA RAYA MULTI SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-hutomodika-29837-6.abstr-k.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
25176.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemilihan supplier bahan dalam suatu proyek merupakan hal penting yang mempengaruhi kelancaran pengerjaan proyek. Dalam memilih supplier bahan, bagian purchasing melakukan pemilihan dengan mempertimbangkan berbagai kriteria penyeleksian supplier tanpa menggunakan suatu sistem tertentu. Hal ini kemudian dapat menyebabkan kurang tepatnya supplier bahan yang dipilih sehingga menimbulkan permasalahan, yaitu terhambatnya pelaksanaan pengerjaan proyek dan kerugian biaya proyek. Pada penelitian ini, suatu sistem pendukung keputusan pemilihan supplier bahan proyek subkontraktor dirancang dan dibangun dengan menggunakan metode PROMETHEE yang bertujuan untuk membantu user dalam mengambil keputusan. Rancang bangun sistem pendukung keputusan pemilihan supplier bahan proyek subkontraktor ini dilakukan melalui empat tahap. Tahap pertama adalah pengumpulan data untuk memperoleh kriteria-kriteria yang mempengaruhi pengambilan keputusan dan tingkat kepentingan kriteria. Tahap kedua adalah pengolahan data. Tahap ketiga adalah penyelesaian masalah dengan menggunakan metode PROMETHEE. Tahap keempat adalah perancangan dan pembangunan sistem. Perancangan sistem dilakukan dengan menggunakan Data Flow Diagram (DFD), Conceptual Data Model (CDM), Physical Data Model (PDM), dan use case diagram. Pembangunan sistem meliputi implementasi dan evaluasi sistem. Penelitian ini menghasilkan sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode PROMETHEE, yang terdiri dari 2 entitas dan 9 data store pada rancangan DFD, desain database pada rancangan CDM dan PDM, 2 actor dan 9 aktivitas pada rancangan use case diagram, algoritma program pemilihan supplier bahan, implementasi antarmuka sistem, dan hasil evaluasi sistem adalah 84,6% keputusan yang sama untuk mengatasi permasalahan yang ada dan dapat meningkat menjadi 88,46% keputusan yang sama dengan mengubah nilai parameter kriteria. Sedangkan hasil evaluasi sistem kepada user adalah user menganggap fitur-fitur yang disediakan dalam aplikasi sangat memuaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 ST.SI 08/14 Hut r
Uncontrolled Keywords: Design and Development
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.4 Managerial control systems
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
DIKA PRANADHANI HUTOMO, 081016073UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKartono,, Drs., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 12 Feb 2014 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 17:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25176
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item