PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL KARYAWAN BAGIAN PEMASARAN PADA PT VARIA USAHA BETON

DIAH TRI UTAMI, 040630876 (2012) PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL KARYAWAN BAGIAN PEMASARAN PADA PT VARIA USAHA BETON. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-utamidiaht-18183-b13611.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bagian pemasaran adalah ujung tombak perusahaan. Sehingga penting untuk mengetahui faktor kepuasan yang dimiliki dan pengaruhnya pada komitmen organisasional . Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara bersama - sama secara signifi kan variabel kepuasan kerja karena pekerjaan itu sendiri (X 1 ), ganjaran yang pantas (X 2 ), kesempatan promosi (X 3 ), pengawasan (X 4 ) dan rekan kerja (X 5 Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Besar sampelnya adalah 30 orang pada karyawan bagian pemasaran PT Varia Usaha Beton. Variabel bebas adalah kepuasan dan variabel terikat komitmen organ isasi onal. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang diolah dengan program SPSS 11.5 ) terhadap komitmen organisasi onal (Y) dan variabel yang berpengaruh dominan pada komitmen organisasional karyawan bagian pemasaran di PT Varia Usaha Beton. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh secara bersama - sama secara signifikan variabel kepuasan kerja karena pekerjaan itu sendiri (X 1 ), ganjar an yang pantas (X 2 ), kesempatan promosi (X 3 ), pengawasan (X 4 ) dan rekan kerja (X 5 Y = -0.080 + 0.203 X ) terhadap komitmen organisasi onal (Y) yang dapat diketahui dari nilai perhitungan uji F yang mempunyai nilai signifikansi dibawah 0,05. Persamaan regresi adalah sebagai berik ut : 1 + 0.364 X 2 + 0.328 X 3 + 0.357X 4 + 0.265X 5 Hasil pengujian parsial juga menunjukkan ada pengaruh kepuasan kerja karena pekerjaan itu sendiri (X + e 1 ), ganjaran yang pantas (X 2 ), kesempatan promosi (X 3 ), pengawasan (X 4 ) dan rekan kerja (X 5 ) terhadap komitmen organisasi onal (Y) dengan nilai signifikansi uji t yang kurang dari 0,05. Besarnya pengaruh seluruh variabel terhadap komitmen organisasi onal (Y) adalah 87,7 %. Dengan hasil ini maka hipotesis penelitian diterima kebenarannya. Variabel ganjaran yang pantas merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap komitmen organisasional di PT Varia Usaha Beton dengan nilai beta 0.364 maka hipotesis kedua penelitian diterima kebenarannya. Kata kunci : kepuasan kerja dan komitmen or ganisasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 136 / 11 Uta p
Uncontrolled Keywords: JOB SATISFACTION; ORGANIZATIONAL COMMITMENT
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DIAH TRI UTAMI, 040630876UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPraptini Yulianti,, Dra.Ec.Msi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 09 Jan 2012 12:00
Last Modified: 11 Oct 2016 04:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2518
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item