KOMPOSISI PROTEIN HEPAR MENCTT (Mus musculus) JANTAN SETELAH PEMBERIAN EKSTRAK AKAR GINSENG JAWA (Talinum paniculatum Gaertn.) PADA BERBAGAI LAMA WAKTU PEMBERIAN ESTROGEN

Wijatanti Utami, 080112297 (2005) KOMPOSISI PROTEIN HEPAR MENCTT (Mus musculus) JANTAN SETELAH PEMBERIAN EKSTRAK AKAR GINSENG JAWA (Talinum paniculatum Gaertn.) PADA BERBAGAI LAMA WAKTU PEMBERIAN ESTROGEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
51.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-utamiwijat-2114-mpb0906.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak akar ginseng jawa (Talinum paniculatum Gaertn.) terhadap komposisi protein hepar antara kelompok yang telah diberi estrogen sebelumnya dengan kelompok kontrol dan pada kelompok yang diberi bersamaan dengan estrogen. Akar ginseng jawa diekstraksi dengan pelarut metanol, lalu hasil ekstraksinya diberikan dengan dosis 3,5 mg BK/100 g BB tiap ekor. Untuk estrogen sintetik digunakan etinil estradiol (Lynoral) dengan dosis 1µg/100 g BB tiap ekor. Estrogen dan ekstrak akar ginseng jawa diberikan secara oral tiap pagi. Penelitian ini menggunakan tiga puluh enam mencit jantan, usia ± 2 bulan, berat badan 29-30 g, dibagi enam kelompok perlakuan. Kelompok EoGo: diberi air mineral selama 27 hari. Kelompok E1Go: diberi air minum (9 hari) + estrogen (18 hari). Kelompok E2Go: diberi estrogen 27 hari. Kelompok EoG1: diberi air minum (9 hari) + ekstrak akar ginseng jawa (18 hari). Kelompok E1G1: diberi air minum (9 hari) + estrogen dan ekstrak akar ginseng jawa (18 hari). Kelompok E2G1: diberi estrogen (9 hari) + estrogen dan ekstrak akar ginseng jawa (18 hari). Hepar diekstraksi, setelah itu disentrifugasi, diambil supernatan, diliofilisasi. Dilanjutkan dengan proses elektroforesis untuk memperlihatkan pita-pita protein hepar yang disintesis tiap kelompok perlakuan. Untuk mengetahui luas area tiap protein tersebut dilanjutkan dengan densitometri. Dianalisis dengan uji statistik analisis varian dua arah untuk mengetahui protein yang dipengaruhi oleh estrogen maupun ekstrak akar ginseng jawa, serta uji Duncan untuk mengetahui apakah pengaruh tersebut terdapat beda bermakna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian ekstrak akar ginseng jawa pada kelompok E2G1 dibandingkan kelompok EoG1 berpengaruh pada komposisi protein hepar karena ada penurunan sintesis P155. Pemberian ekstrak akar ginseng jawa pada kelompok E2G1 dibandingkan pada kelompok E1G1, tidak berpengaruh pada komposisi protein hepar. Lama waktu pemberian estrogen berpengaruh pada efek ekstrak akar ginseng jawa, karena estrogen berkompetisi dengan saponin yang terkandung dalam ekstrak akar ginseng jawa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB.09/06 Uta k
Uncontrolled Keywords: PORTULACACEAE; ESTROGEN
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Wijatanti Utami, 080112297UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDra. Dwi Winarni, M.SiUNSPECIFIED
ContributorSugiharto, S.Si., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 19 Sep 2006 12:00
Last Modified: 18 Oct 2016 02:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25211
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item