PENGARUH DOSIS ENERGI DAN POLA TERAPI LASERPUNCTURE He-Ne TERHADAP GAMBARAN HISTOLOGI SEL-β PANKREAS MENCIT (Mus musculus)

FIEDA CAHYA FITRI, 080312728 (2007) PENGARUH DOSIS ENERGI DAN POLA TERAPI LASERPUNCTURE He-Ne TERHADAP GAMBARAN HISTOLOGI SEL-β PANKREAS MENCIT (Mus musculus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
39.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-fitrifieda-8880-mpf1408.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh laserpunktur Helium-Neon terhadap histologi sel-β pankreas mencit (Mus musculus). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis energi dan pola terapi laserpunktur terhadap histologi sel-β pankreas mencit dan mengetahui dosis energi dan pola terapi laserpunktur He-Ne yang paling berpengaruh terhadap histologi sel- β pankreas mencit. Rancangan percobaan yang digunakan adalah metode rancangan acak kelompok (RAK). Dalam penelitian digunakan hewan coba mencit sebanyak 33 ekor yang dibagi dalam kelompok kontrol, perlakuan variasi dosis (0,2J: I,0J; 2,0J) dan variasi pola terapi (1 kali, 2 kali, 3 kali), kemudian dibuat preparat histologi dan diamati jumlah sel- β normal pada jaringan pankreas. Analisis data menggunakan uji Anova dan dilanjutkan dengan uji BNT pada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyinaran laser dengan variasi dosis berpengaruh nyata (P < 0,05) terhadap jumlah sel- β yang normal pada jaringan pankreas. Kesimpulannya bahwa penyinaran laserpunktur He-Ne dengan variasi dosis energi dan pola terapi berpengaruh terhadap peningkatan jumlah sel- β normal pada jaringan pankreas dan dosis energi dan pola terapi yang paling efektif terhadap peningkatan jumlah sel- β normal pada jaringan pankreas adalah sebesar 2 J dan diterapi sebanyak 2 kali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPF.14/08 Fit p
Uncontrolled Keywords: ACUPUNCTURE; HISTOLOGY
Subjects: Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM
FIEDA CAHYA FITRI, 080312728UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuryani Dyah Astuti, S.Si., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorDrs. I. B. Rai Pidada, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 04 Feb 2009 12:00
Last Modified: 19 Oct 2016 16:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25255
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item