Pemanfaatan Minyak Nilam (Patchouly oil) sebagai Bahan Lotion Anti-Nyamuk (Repellent) Ramah Lingkungan (Application of Nilam Oil (Patchouli oil) As Substance Of Anti-Mosquito Lotion (Repellent) Which Is Environmentally Benign)

AMALIATUL CHOIRIAH, 080513259 (2011) Pemanfaatan Minyak Nilam (Patchouly oil) sebagai Bahan Lotion Anti-Nyamuk (Repellent) Ramah Lingkungan (Application of Nilam Oil (Patchouli oil) As Substance Of Anti-Mosquito Lotion (Repellent) Which Is Environmentally Benign). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-choiriaham-15751-mpk761-k.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-choiriaham-13109-mpk761-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pogostemon cablin Benth (nilam) merupakan salah satu spesies tumbuhan dari famili Labiatae. Penelitian ini bertujuan untuk mengekstraksi dan mengidentifikasi komponen minyak atsiri dari Pogostemon cablin Benth (nilam) serta menguji aktivitasnya terhadap nyamuk Culex fatigans sebagai bahan lotion anti-nyamuk ramah lingkungan. Ekstraksi dilakukan dengan metode distilasi uap. Distilat yang diperoleh dipartisi menggunakan corong pisah dengan pelarut n-heksan. Fraksi n-heksan yang diperoleh dkeringkan dengan CaCl2 anhidrat. Fraksi n-heksan kering diuapkan dengan rotary vacuum evaporator sampai diperoleh minyak nilam. Pada penelitian ini minyak nilam yang diperoleh sebanyak 17,5gr dengan rendemen 3,3634%. Identifikasi dengan GC-MS menunjukkan adanya 39 senyawa dalam minyak nilam dengan senyawa utama adalah patchouli alcohol 54,47%. Dari hasil uji aktivitas diketahui bahwa minyak nilam terbukti mampu mengusir nyamuk Culex fatigans sehingga dapat menjadi alternatif bahan lotion anti-nyamuk (repellent) yang ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPK 76 / 10 Cho p
Uncontrolled Keywords: INSECTICIDES; INSECT BAITS AND REPELLENTS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsNIM
AMALIATUL CHOIRIAH, 080513259UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAlfinda Novi Kristanti,, Dr. DEAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 07 Mar 2011 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 07:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25263
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item