ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA FENOLIK DALAM FRAKSI ETIL ASETAT DARI KULIT BATANG CASSIA SPECTABILIS DC DAN UPAYA PEMANFAATANNYA SEBAGAI ANTIOKSIDAN (ISOLATION AND IDENTIFICATION OF PHENOLIC COMPOUNDS IN ETHYL ACETATE FRACTION FROM CASSIA SPECTABILIS DC

VISTA KHARISMAWATI, 080513258 (2009) ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA FENOLIK DALAM FRAKSI ETIL ASETAT DARI KULIT BATANG CASSIA SPECTABILIS DC DAN UPAYA PEMANFAATANNYA SEBAGAI ANTIOKSIDAN (ISOLATION AND IDENTIFICATION OF PHENOLIC COMPOUNDS IN ETHYL ACETATE FRACTION FROM CASSIA SPECTABILIS DC. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-kharismawa-15808-mpk671-k.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-kharismawa-13179-mpk671-i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Senyawa fenolik memperlihatkan aktivitas biologi yang cukup menarik, salah satunya yaitu sebagai anti radikal bebas (antioksidan). Leguminosae merupakan salah satu famili yang diketahui banyak mengandung senyawa fenolik. Salah satu contoh spesies dari famili ini yaitu Cassia spectabilis DC. Penelitian ini ditujukan untuk mengisolasi senyawa fenolik dalam kulit batang Cassia spectabilis DC khususnya pada fraksi etil asetat dan menguji aktivitas ekstraknya sebagai anti radikal bebas. Ekstraksi senyawa fenolik dilakukan dengan metode maserasi menggunakan pelarut metanol pada suhu kamar. Ekstrak metanol yang diperoleh selanjutnya diekstraksi berturut-turut menggunakan pelarut n-heksana, diklorometan dan etil asetat. Pemisahan ekstrak etil asetat dilakukan dengan metode kromatografi, yaitu kromatografi kolom gravitasi dan HPLC preparatif yang menghasilkan 4 mg senyawa CSE-1 yang berupa serbuk berwarna kuning pucat. Penentuan struktur molekul pada senyawa hasil isolasi dilakukan menggunakan analisis spektroskopi 1H-RMI dan 13C-RMI. Hasil analisis menunjukkan bahwa senyawa CSE-1 diduga merupakan senyawa golongan antrakuinon glikosida. Uji aktivitas antioksidan menggunakan DPPH menunjukkan bahwa fraksi etil asetat hasil isolasi memiliki aktivitas antioksidan (inhibitor radikal bebas) dengan IC50 sebesar114,61 ppm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPK 67 / 10 Kha i
Uncontrolled Keywords: PHENOLIC COMPOUND; CASSIA SPECTABILIS; ANTIOXIDANT
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71-142 Analytical chemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsEmail
VISTA KHARISMAWATI, 080513258UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAlfinda Novi Kristanti, Dr. DEAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 08 Mar 2011 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 07:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25271
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item