ISOLASI, IDENTIFIKASI, DAN UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN SENYAWA FENOLIK DARI RIMPANG LENGKUAS (ALPINIA GALANGA) (ISOLATION, IDENTIFICATION AND ANTIOXIDANT ACTIVITY OF PHENOLIC COMPOUND FROM ALPINIA GALANGA RHIZOME)

LAILATUL ULFAH KURNIA, 080610199 (2010) ISOLASI, IDENTIFIKASI, DAN UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN SENYAWA FENOLIK DARI RIMPANG LENGKUAS (ALPINIA GALANGA) (ISOLATION, IDENTIFICATION AND ANTIOXIDANT ACTIVITY OF PHENOLIC COMPOUND FROM ALPINIA GALANGA RHIZOME). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-kurnialail-16203-mpk122-k.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-kurnialail-13613-mpk122-i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lengkuas (Alpinia galanga) merupakan salah satu tanaman famili zingiberaceae. Berdasarkan studi literatur, diketahui bahwa dalam rimpang lengkuas terdapat senyawa fenolik dan menunjukkan berbagai aktivitas biologi dan salah satu diantaranya adalah sebagai antioksidan. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan isolasi senyawa fenolik dari rimpang lengkuas dan mengetahui aktivitas antioksidan dari ekstrak etil asetat dan ekstrak metanol dari rimpang lengkuas. Isolasi senyawa fenolik dilakukan dengan metode maserasi menggunakan tiga macam pelarut yang dilakukan secara bertahap, pertama n-heksana kemudian etil asetat dan selanjutnya metanol. Ekstrak etil asetat yang diperoleh dipisahkan dengan kromatografi cair vakum dilanjutkan dengan kromatografi kolom gravitasi sampai diperoleh fraksi komponen utama. Fraksi-fraksi yang hampir murni diuji dengan skrining FeCl3 1% menunjukkan uji positif bahwa dalam fraksi tersebut terdapat senyawa fenolik, kesimpulan ini didukung oleh hasil uji KLT scanner yang memberikan harga λmaks yang sesuai untuk senyawa fenolik. Uji aktivitas antioksidan menggunakan pereaksi DPPH memperlihatkan bahwa ekstrak etil asetat dan ekstrak metanol aktif sebagai antioksidan pada konsentrasi 2,5 ppm sampai 125 ppm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPK 122 / 10 Kur i
Uncontrolled Keywords: ANTIOXIDANTS; PHENOLS
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
LAILATUL ULFAH KURNIA, 080610199UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAlfinda Novi Kristanti, Dr.DEAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 14 Mar 2011 12:00
Last Modified: 03 Oct 2016 08:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25299
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item