ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA FENOLIK DARI RIMPANG CURCUMA ZEDOARIA SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI ANTIOKSIDAN (ISOLATION AND IDENTIFICATION PHENOLIC COMPOUND FROM RHIZOME OF CURCUMA ZEDOARIA AND ITS USAGE AS ANTIOXIDANT)

ATIK RAHMA IZZATI, 080610234 (2010) ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA FENOLIK DARI RIMPANG CURCUMA ZEDOARIA SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI ANTIOKSIDAN (ISOLATION AND IDENTIFICATION PHENOLIC COMPOUND FROM RHIZOME OF CURCUMA ZEDOARIA AND ITS USAGE AS ANTIOXIDANT). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-izzatiatik-16698-mpk117-k.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-izzatiatik-14070-mpk117-i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian terhadap rimpang temu putih (Curcuma zedoaria) dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat senyawa fenolik yang dapat diisolasi dari ekstrak metanol rimpang tanaman tersebut dan apakah senyawa hasil isolasi dari ekstrak metanol rimpang tanaman tersebut mempunyai aktivitas antioksidan. Proses isolasi meliputi tahapan ekstraksi, pemisahan dan pemurnian senyawa dengan menggunakan teknik kromatografi cair vakum dan kromatografi kolom gravitasi. Identifikasi senyawa hasil isolasi dilakukan berdasarkan uji sifat kimia, analisis GC-MS, KLT scanner, dan spektroskopi UV-Vis. Uji senyawa fenolik total juga dilakukan terhadap ekstrak metanol untuk mengetahui jumlah senyawa fenolik yang terkandung di dalamnya. Uji aktivitas antioksidan dilakukan menggunakan metode DPPH (1,1-Diphenyl-2-picryl-hydrazyl) terhadap ekstrak metanol dan fraksi metanol dengan kontrol positif asam askorbat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa hasil isolasi merupakan senyawa fenolik yang ditandai dengan adanya panjang gelombang maksimum sebesar 247 nm pada analisis menggunakan KLT scanner dan 233,4 nm pada spektroskopi UV-Vis. Ekstrak metanol dan fraksi metanol menunjukkan aktivitas antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan asam askorbat pada konsentrasi 2.5, 12.5, 25, dan 125 ppm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPK 117 / 10 Izz i
Uncontrolled Keywords: PHENOLS; ANTIOXIDANTS
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsNIM
ATIK RAHMA IZZATI, 080610234UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAlfinda Novi Kristanti, Dr. DEAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 21 Mar 2011 12:00
Last Modified: 03 Oct 2016 10:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25309
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item