PENGARUH PENGUNGKAPAN AKTIVITAS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN HIGH-PROFILE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

DIAH PRAMITA ARIYANTI, 040913360 (2012) PENGARUH PENGUNGKAPAN AKTIVITAS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN HIGH-PROFILE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
2534.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Meningkatnya persaingan di dunia bisnis menuntut adanya perencanaan yang matang pada semua aspek perusahaan, tidak terkecuali aspek yang berkaitan dengan kebijakan perusahaan terhadap masalah sosialnya termasuk dampak- dampak sosial yang ditimbulkan atas kegiatan operasional perusahaan. Dengan demikian sudah seharusnya perusahaan tidak hanya berusaha untuk memaksimalkan profit tetapi juga harus mempunyai tanggung jawab terhadap keadaan sosial masyarakat seluruhnya. Corporate Social Responsibility sebagai konsep akuntansi yang baru adalah transparansi pengungkapan sosial atas kegiatan atau aktivitas sosial yang dilakukan oleh perusahaan, dimana transparansi informasi yang diungkapkan tidak hanya informasi keuangan perusahaan, tetapi perusahaan juga diharapkan mengungkapkan informasi mengenai dampak sosial dan lingkungan hidup yang diakibatkan aktivitas perusahaan. Salah satu tujuan diberlakukannya pengungkapan tersebut bertujuan untuk menjalin hubungan komunikasi yang baik dan efektif antara perusahaan dengan publik dan stakeholders . Berdasarkan atas fakta tersebut maka di dalam penelitian ini akan dikaji pengaruh dari variabel corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan meliputi ROE dan ROI perusahaan High Profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Design penelitian adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan menitikberatkan pada pengujian hipotesis untuk menghasilkan kesimpulan atas variabel-variabel yang saling berhubungan. Sampel yang digunakan adalah perusahaan high profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2008-2010 sejumlah 48 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah statistika inferensial menggunakan analisis regresi linier sederhana. Dari hasil analisa regresi linier sederhana dihasilkan kesimpulan bahwa corporate social responsibility tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return on equity, akan tetapi memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap return on invesment . Besar keragaman yang diberikan oleh coporate social responsibility terhadap return on equity sebesar 2,3% sementara untuk keragaman terhadap return on invesment sebesar 11,5%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 316 / 11 Ari p
Uncontrolled Keywords: FINANCIAL LEVERAGE ; RATE OF RETURN
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
DIAH PRAMITA ARIYANTI, 040913360UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAGUS WIDODO MARDIJUWONO, Drs.,MSi.AkUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 07 Feb 2012 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 19:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2534
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item