ANALISIS NITROSODIETILAMIN DALAM SOSIS MENGGUNAKAN HEADSPACE-SINGLE DROP MICROEXTRACTION GAS CHROMATOGRAPHY-FLAME IONIZATION DETECTOR

Zarah Nur Intissar, 080710150 (2012) ANALISIS NITROSODIETILAMIN DALAM SOSIS MENGGUNAKAN HEADSPACE-SINGLE DROP MICROEXTRACTION GAS CHROMATOGRAPHY-FLAME IONIZATION DETECTOR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-intissarza-20437-mpk20--k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Nitrit merupakan senyawa yang banyak digunakan sebagai bahan pengawet makanan, salah satunya sosis. Nitrit dapat bereaksi dengan protein yang terdapat dalam makanan dan tubuh manusia membentuk nitrosamin, yang jika dalam keadaan panas dan dalam suasana asam akan membentuk senyawa turunan nitrosamine, salah satunya adalah nitrosodietilamin (NDEA). Dalam upaya melakukan pengembangan metode preparasi sampel senyawa nitrosodietilamin, maka dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan ekstraksi headspace single drop microextraction (HS-SDME). Dalam proses ekstraksi menggunakan HS-SDME, drop pelarut organik digantungkan di atas larutan ekstrak kemudian dilakukan analisis menggunakan instrumen gas chromatography-flame inonization detector (GC-FID). Preparasi ini menggunakan 3 optimasi parameter analitik, yakni volume pelarut organik, kecepatan pengadukan dan waktu ekstraksi. Hasil optimasi untuk volume pelarut organik sebesar 3 μL, kecepatan pengadukan 1080 rpm dan waktu ekstraksinya 45 menit. Dari hasil optimasi tersebut, dihasilkan kurva kalibrasi linier untuk standar NDEA menggunakan HS-SDME dengan limit of detection (LOD) sebesar 0,86 ppm, sedangkan untuk kurva standar NDEA tanpa ekstraksi didapatkan LOD sebesar 3,42 ppm. Ini menunjukkkan bahwa proses analisis sampel sosis A dan B dengan menggunakan GC-FID sangat baik, yang ditunjukkan oleh nilai LOD dengan menggunakan ekstraksi jauh lebih kecil dibandingkan dengan nilai LOD tanpa ekstraksi. Untuk hasil analisis sampel sosis A dan B didaptkan konsentrasi masing-masing sebesar 0,21 ppm dan 0,33 ppm, yang menunjukkan bahwa senyawa NDEA dalam sampel sosis A dan B dapat diekstraksi menggunakan HS-SDME.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPK. 20 / 12 Int a
Uncontrolled Keywords: GAS CHROMATOGRAPHY
Subjects: Q Science
Q Science > QD Chemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Creators:
CreatorsEmail
Zarah Nur Intissar, 080710150UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAning Purwaningsih, Dra. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 29 Jun 2012 12:00
Last Modified: 15 Sep 2016 06:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25520
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item