PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR, KREATIFITAS DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DEPARTEMEN MATEMATIKA UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM)

Riska Yuwana Indriati, 080810212 (2012) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR, KREATIFITAS DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DEPARTEMEN MATEMATIKA UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-indriatiri-21360-5.abstr-k.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat. Salah satu penemuan teknologi yang sudah tidak asing lagi adalah adanya penemuan tentang internet. Dan dalam kehidupan sehari-hari internet merupakan penemuan yang dapat digunakan sebagai media belajar untuk mengembangkan minat belajar, kreatifitas dan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan internet sebagai media belajar terhadap minat belajar, kreatifitas dan prestasi belajar mahasiswa Departemen Matematika Universitas Airlangga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling yang menggunakan software AMOS 18 untuk menganalisis data yang didapatkan. Dalam penelitian ini digunakan empat variabel yang masing-masing tidak dapat dihitung secara langsung, yaitu variabel internet sebagai media belajar (MDB), minat belajar (MB), kreatifitas (KR), dan prestasi belajar (PB). Untuk mengujinya digunakan indikator-indikator yang sudah digunakan oleh peneliti sebelumnya. Data dalam penelitian ini adalah hasil pengisian kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa Departemen Matematika Universitas Airlangga angkatan tahun 2008 sampai dengan 2010. Data yang dikumpulkan adalah sebanyak 208 sampel. Setelah data didapatkan selanjutnya data diubah menjadi data ordinal yang kemudian dianalisis dengan menggunakan software AMOS 18. Hasil dari analisis ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh internet sebagai media belajar terhadap minat belajar mahasiswa Departemen Matematika Universitas Airlangga sebesar 47,2%. Juga terdapat pengaruh penggunaan internet sebagai media belajar terhadap kreatifitas mahasiswa Departemen Matematika Universitas Airlangga sebesar 29,2%. Dan terdapat pengaruh secara tidak langsung antara penggunaan internet sebagai media belajar terhadap prestasi belajar melalui minat belajar mahasiswa Departemen Matematika Universitas Airlangga sebesar 28,8%. Serta terdapat pengaruh secara tidak langsung antara penggunaan internet sebagai media belajar terhadap prestasi belajar melalui kreatifitas mahasiswa Departemen Matematika Universitas Airlangga sebesar 58,9%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM 44 - 12 Ind p
Uncontrolled Keywords: INTERNET; LEARNING INTEREST
Subjects: Q Science
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Creators:
CreatorsNIM
Riska Yuwana Indriati, 080810212UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEko Tjahjono,, Drs. M. Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 20 Nov 2012 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 03:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25555
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item