ANALISIS EKUITAS MEREK DAN INDEKS KEPUASAAN PELANGGAN OPERATOR SELULER INDOSAT (Studi Kasus di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Surabaya)

Tito Agatha Priyandoko, 080710183 (2012) ANALISIS EKUITAS MEREK DAN INDEKS KEPUASAAN PELANGGAN OPERATOR SELULER INDOSAT (Studi Kasus di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
MPM 52 - 12 Pri a.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini membahas tentang ekuitas merek operator seluler Indosat. Ekuitas merek adalah seperangkat aset dan liabilitas yang terkait dengan suatu merek, nama, simbol yang mampu menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah produk atau jasa, baik pada perusahaan maupun pada pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik demografi dan psikografi pengguna operator seluler Indosat, mengetahui ekuitas merek operator seluler Indosat berdasarkan dimensi-dimensi penyusunnya dan mengetahui tingkat Customer Satisfaction Index operator seluler Indosat. Penelitian dilakukan selama dua minggu di FST Unair Surabaya yang meliputi semua departemen, termasuk mahasiswa, karyawan dan dosen dengan jumlah sampel yang digunakan adalah 99 responden. Data yang dikumpulkan adalah karakteristik pelanggan, atribut kesadaran merek, atribut asosiasi merek, atribut persepsi kualitas, dan atribut loyalitas merek. Dari hasil analisis didapatkan karakteristik pengguna operator seluler Indosat dalam penelitian ini sebagian besar adalah laki-laki berusia 21-25 tahun, dengan pengeluaran perbulan antara Rp500.001,00 – Rp1.000.000,00. Sebagian besar mempunyai dua saudara dan tinggal di rumah sendiri. SMS merupakan kegiatan komunikasi yang paling sering dilakukan, dengan rata-rata pengeluaran pulsa perbulan antara Rp30.001,00 – Rp60.000,00. Handphone Nokia sebagian besar dimiliki oleh responden. Sebagian besar waktunya dihabiskan untuk menonton TV acara musik saat waktu luang. Jawa Pos, Trans TV, dan Gen FM adalah sumber informasi yang paling favorit diantara lainnya. Berdasarkan analisis ekuitas merek, dapat disimpulkan bahwa operator yang paling diingat oleh pengguna operator seluler Indosat adalah Indosat itu sendiri ,dengan asosiasi jaringan dan sinyal memadai, fitur lengkap, tarif sms terjangkau, dan harga perdana dan voucher murah adalah asosiasi yang melekat pada operator seluler Indosat. Prioritas utama yang harus diperhatikan dan diperbaiki oleh Indosat adalah kapasitas jaringan yang memadai, sinyal kuat, paket internet dan jarang gangguan. Pelanggan Indosat di FST Unair Surabaya merasa puas dalam pelayanan dan kinerja operator seluler Indosat, itu dibuktikan dengan perolehan indeks kepuasan pelanggan sebesar 0,676 yang berada pada range/ kategori puas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM 52 - 12 Pri a
Uncontrolled Keywords: CUSTOMER SATISFACTION
Subjects: Q Science
T Technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Creators:
CreatorsEmail
Tito Agatha Priyandoko, 080710183UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorElly Ana,, Ir. M.SiUNSPECIFIED
ContributorEko Tjahjono,, Drs. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with username agung
Date Deposited: 01 Feb 2013 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 08:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25712
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item