RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR DALAM DIAGNOSIS PENYAKIT TELINGA, HIDUNG DAN TENGGOROKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

Indra Kurniawan, 080610107 (2012) RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR DALAM DIAGNOSIS PENYAKIT TELINGA, HIDUNG DAN TENGGOROKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
KURNIAWAN, INDRA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Gejala penyakit THT (Telinga, Hidung dan Tenggorokan) sering dianggap remeh oleh sebagian orang. Padahal bisa saja gejala tersebut merujuk pada salah satu penyakit THT yang serius. Oleh karena itu penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengimplementasikan sistem pakar dengan metode Certainty Factor ( CF ) pada kasus diagnosis awal penyakit THT. Adapun penyakit THT yang dimaksud adalah penyakit otitis eksterna, otitis media, faringitis, tonsilitis, sinusitis dan rinitis alergi.Gejala penyakit THT yang digunakan diantaranya adalah bersin-bersin, pilek, cairan berbau pada hidung, gatal pada telinga, mengalami kebuntuan pada hidung, mulut berbau, nyeri kepala / menelan, fungsi pendengaran menurun, batuk-batuk, demam, sakit pada tenggorokan serta tidur yang mendengkur. Selanjutnya pada tiap gejala-gejala tersebut dilakukan pencarian nilai CF pakar. Setelah itu dibentuk aturan (rule) yang sesuai dengan gejala penyakit THT yang merujuk pada penyakit THT tertentu. Kemudian pada pengujian kepada pengguna yang akan menghasilkan nilai CF user, sehingga didapatkan nilai CF akhir yang akan digunakan sebagai nilai dalam pengambilan keputusan dari perhitungan CF sequensial antara CF user dengan CF pakar serta mengetahui tingkatan penyakit yang terdiagnosa yaitu tingkat gejala atau tingkat akut. Sistem pakar ini kemudian dibangun dalam program dengan pemrograman Microsoft Visual Basic.NET untuk digunakan dalam pengujian kasus diagnose pasien yang terdiagnosis penyakit THT. Dari pengujian diperoleh kesesuaian hasil diagnosis program dengan hasil diagnosis dari dokter sebesar 90%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM 71 - 12 Kur r
Uncontrolled Keywords: CERTAINTY FACTOR
Subjects: Q Science
R Medicine
T Technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Creators:
CreatorsEmail
Indra Kurniawan, 080610107UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAuli Damayanti,, S.Si., M.Si.UNSPECIFIED
ContributorHerry Suprajitno, Dr.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with username agung
Date Deposited: 01 Feb 2013 12:00
Last Modified: 15 Aug 2016 10:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25723
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item