PENINGKATAN APOPTOSIS SEL KANKER PAYUDARA TIKUS HASIL INDUKSI YANG DI RADIASI DAN DIBERI EKSTRAK PHYLLANTUS NIRURI L. MELALUI PENINGKATAN SEL PENGEKSPRESI PROTEIN NF-kB, HSP70, IFN g DAN CD95

Bambang Soeprijanto, 090970102 (2013) PENINGKATAN APOPTOSIS SEL KANKER PAYUDARA TIKUS HASIL INDUKSI YANG DI RADIASI DAN DIBERI EKSTRAK PHYLLANTUS NIRURI L. MELALUI PENINGKATAN SEL PENGEKSPRESI PROTEIN NF-kB, HSP70, IFN g DAN CD95. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s3-2013-soeprijant-29046-8.abstr-k.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
25850-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang : Beberapa penderita kanker yang di terapi radiasi, kadang-kadang mengalami akibat samping yang berat, sehingga jadwal terapi tertunda atau bahkan gagal. Phyllanthus niruri L, yang di pulau Jawa dikenal sebagai meniran, telah diteliti manfaatnya untuk penyakit kanker. Mekanisme pengecilan tumor yang di radiasi karena peningkatan apoptosis sel kanker akibat pemberian ekstrak tanaman ini sampai saat ini adalah belum jelas. Tujuan : Menjelaskan mekanisme peningkatan apoptosis sel kanker pada jaringan kanker payudara tikus dan di radiasi, karena pemberian ekstrak tanaman Phyllanthus niruri L. per oral . Metode: Penelitian adalah studi eksperimental dengan randomized separate pre-test post test control group design. Dipergunakan model hewan coba tikus betina Rattus norwegicus, galur Spraque Dawley, yang mengalani kanker payudara karena pemberian bahan karsinogen, DMBA, dan kemudian di beri radiasi eksterna. Sejumlah 30 ekor tikus coba di bagi secara random, menjadi kelompok perlakuan, kontrol dan pre-test. Kelompok perlakuan diberi ektrak tanaman Phyllanthus niruri L per oral secara intragastrik. Unit analisis adalah eksisi jaringan tumor payudara tikus yang di radiasi, dan kemudian diperiksa adanya apoptosis sel kanker serta sel pengekpresi protein NfkB, HSP70, IFNdan CD95. Hasil : Pada studi t-test, menunjukkan adanya perbedaan apoptosis sel kanker yang signifikan antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol (p<0.05), dan antara kelompok perlakuan dengan kelompok pre-test (p<0.05). Sedangkan antara kelompok kontrol dengan kelompok pre-test, perbedaannya juga signifikan (p<0.05). Pada regression test, di kelompok perlakuan , ada pengaruh yang lebih kuat antara NfkB pada HSP70, NfkB pada IFN, IFN pada CD95, dan CD95 pada apoptosis, bila dibanding dengan kelompok kontrol dan kelompok pre-test. Kesimpulan: Berdasarkan hal diatas dapat di simpulkan bahwa peningkatan apoptosis sel kanker di jaringan kanker payudara tikus putih Rattus norvegicus betina galur Sprague Dawley dan di radiasi, karena pemberian ekstrak Phyllanthus niruri L . per oral, adalah melalui peningkatan sel pengekspresi Nf-kB, HSP 70, IFN dan CD95.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKA KK Dis. K. 52/13 Soe p
Uncontrolled Keywords: BREAST � CANCER
Subjects: R Medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
Bambang Soeprijanto, 090970102UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTriyono, Prof. Dr. KSP., dr., SpRad (K).UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 27 Dec 2013 12:00
Last Modified: 13 Jun 2017 21:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25850
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item