PENGARUH TINGKAT KESESUAIAN INFORMASI POSITIF PADA ENDORSER TERHADAP SIKAP KONSUMEN

IMANDA RATINING PUTRI, 040810256 (2012) PENGARUH TINGKAT KESESUAIAN INFORMASI POSITIF PADA ENDORSER TERHADAP SIKAP KONSUMEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (558kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan endorser pada sebuah iklan dapat membantu pemasar dalam mengkomunikasikan produknya, namun penggunaan endorser pada sebuah iklan juga dapat memberikan dampak yang merugikan bagi perusahaan apabila endorser tersebut memiliki informasi positif yang tidak sesuai. Hal ini dikarenakan citra informasi tersebut dinilai memberi dampak yang negatif pada benak konsumen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pretest-post-test experimental design memakai desain between-subject untuk mengetahui adanya pengaruh tingkat kesesuaian informasi positif tentang endorser. Data yang digunakan adalah data primer dari eksperimen yang diperoleh dari 180 orang partisipan yang merupakan mahasiswa Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair. Kemungkinan munculnya dampak yang merugikan bagi perusahaan terkait penggunaan endorser, maka penelitian ini mengangkat permasalahan apakah adanya kesesuaian informasi positif terhadap endorser akan mengakibatkan adanya perubahan sikap atas iklan dan sikap atas merek konsumen. Jenis endorser mana yang paling terpengaruh dengan adanya tingkat kesesuaian informasi positif daik yang tinggi mauun rendah yang menerpanya juga akan diuji pada penelitian ini. Selain itu juga diteliti apakah tingkat kesesuaian yang rendah pada informasi positif memberikan dampak yang lebih besar dibandingkan dengan kesesuaiannya yang tinggi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah Informasi positif yang tidak sesuai mempunyai dampak negatif dan informasi positif yang sesuai mempunyai dampak positif terhadap sikap atas iklan dan sikap atas merek konsumen. Adanya tingkat kesesuaian informasi positif menyebabkan bervariasinya dampak terhadap jenis endorser dan tingkat kesesuaian informasi positif yang rendah memberikan dampak respons konsumen yang lebih besar terhadap sikap atas iklan dan sikap atas merek dibandingkan kesesuaiannya yang tinggi untuk masing-masing jenis endorser.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.217/12 Put p
Uncontrolled Keywords: experiment, endorser, fit, positive information, consumer attitudes.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
IMANDA RATINING PUTRI, 040810256UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBAdri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 14 Dec 2012 12:00
Last Modified: 08 Aug 2016 03:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2597
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item