PEMANFAATAN DIFRAKSI FRAUNHOFER DAN KAMERA CCD GARIS TERKOMPUTERISASI UNTUK PENDETEKSIAN PERUBAHAN WARNA PADA MATERIAL GIGI

Mardiningsih, 080312714 (2008) PEMANFAATAN DIFRAKSI FRAUNHOFER DAN KAMERA CCD GARIS TERKOMPUTERISASI UNTUK PENDETEKSIAN PERUBAHAN WARNA PADA MATERIAL GIGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-mardinings-10060-mpf23_0-k.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-mardinings-8569-mpf23_08.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi perubahan warna pada material gigi dengan memanfaatkan fenomena difraksi fraunhofer dan kamera CCD garis.Perubahan warna yang dimaksud adalah perubahan kecerahan yang terkait dengan perubahan intensitas. Material gigi yang digunakan adalah resin komposit merk solace yang direndam pada antibiotik, teh dan kopi masing-masing selama 1, 3, 5 dan 7 hari. Sensor yang digunakan adalah sensor kamera CCD gariss tipe ILX526A. Sumber cahaya yang digunakan adalah laser He-Ne dengan panjang gelombang 632,8 nm. Metode ini mengamati perubahan distribusi intensitas berupa pola distribusi Gaussian dan besar intensitas yang ditransmisikan melalui analisis Gaussian Plot (GPLOT). Hasil penelitian adalah nilai intensitas maksimum dan jarak antar minimum yang kemudian dianalisis dengan Gaussian Plot (GPLOT). Dari profil distribusi intensitas dapat dihitung lebar celahnya. Perubahan pola distribusi intensitas dan intensitas mengidentifikasikan sebagai perubahan warna pada material gigi resin komposit. Kesimpulan dari penelitian ini adalah difraksi fraunhofer dan sensor kamera CCD garis dapat digunakan untuk mendeteksi perubahan warna material gigi resin komposit. Dapat disimpulkan pula bahwa perendaman material gigi resin komposit pada antibiotik, teh dan kopi menyebabkan perubahan intensitas dan lebar celah. Agar penelitian mendapatkan hasil yang lebih baik maka dapat dibuat software untuk menentukan jarak antar minimum secara langsung (real time).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPF. 23 / 08 Mar p
Uncontrolled Keywords: Difraksi Fraunhofer, intensitas, lebar celah, distribusi gaussian, sensor CCD garis
Subjects: Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics
R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
T Technology > TR Photography > TR250-265 Cameras
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM
Mardiningsih, 080312714UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRetna Apsari, Dra.,M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorYhosep Gita Yhun Yhuwana, S.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 27 Jan 2009 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 12:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26052
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item