PEMBERIAN JUS JAMBU BIJI (Psidium guajava) DAN BAWANG PUTIH (Allium sativum) TERHADAP TINGKAT KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN IKAN KOI (Cyprinus carpio)

NIENDA PARAMITA, 060710404 P (2013) PEMBERIAN JUS JAMBU BIJI (Psidium guajava) DAN BAWANG PUTIH (Allium sativum) TERHADAP TINGKAT KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN IKAN KOI (Cyprinus carpio). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang populer di Indonesia dan banyak dibudidayakan. Banyak faktor yang menimbulkan kematian pada koi, salah satunya adalah patogenitas. Patogen yang menimbulkan penyakit merupakan kendala yang sering kali harus dihadapi. Jambu biji (Psidium guajava L.) merupakan salah satu tanaman obat yang dijadikan sebagai terapi. Beberapa senyawa kimia yang terkandung dalam jambu biji antara lain, polifenol, karoten, flavonoid dan tannin. Dengan adanya kandungan senyawa itu diperkirakan jambu biji juga mempunyai aktivitas antioksidan yang erat khasiatnya dalam mengobati berbagai penyakit. Bawang putih telah diketahui sebagai tanaman obat yang bisa menangkal dan menyembuhkan banyak penyakit. Bahan atau kandungan dalam bawang putih yang disebut allicin mampu secara efektif membunuh kuman atau bakteri. Bawang putih juga mengandung sativine yang berfungsi mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian jus jambu biji dan jus bawang putih terhadap tingkat kelangsungan hidup dan pertumbuhan ikan koi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial dengan sembilan perlakuan dan tiga ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah dosis jus bawang putih dan jus jambu biji yang berbeda: A0B0 (0 gram : 0gram), A0B1 (0 gram : 1 gram), A0B2 (0 gram : 3 gram), A1B0 (25 gram : 0 gram), A1B1 (25 gram : 1 gram), A1B2 (25 gram : 3 gram), A2B0 (50 gram : 0 gram), A2B1 (50 gram : 1 gram) dan A2B2 (50 gram : 3 gram). Parameter utama yang diamati adalah tingkat kelangsungan hidup dan pertumbuhan. Parameter penunjang yang diamati adalah kualitas air, meliputi suhu, kelarutan oksigen, pH, amoniak dan salinitas. Analisis data menggunakan Analisis Varian (Anova) dan untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan dilakukan Uji Jarak Berganda Duncan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.61/12 Par p
Uncontrolled Keywords: Jus Jambu Biji (Psidium guajava), Bawang Putih (Allium sativum), Ikan Koi (Cyprinus carpio)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
NIENDA PARAMITA, 060710404 PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 28 Jan 2013 12:00
Last Modified: 10 Aug 2016 07:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26065
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item