IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI CACING ENDOPARASIT PADA SALURAN PENCERNAAN IKAN BANDENG (Chanos chanos) DI KARAMBA JARING APUNG SITUBONDO DAN TAMBAK DESA BANGUNREJO SIDOARJO

FITRIA ANGGRAINI, 060810351P (2012) IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI CACING ENDOPARASIT PADA SALURAN PENCERNAAN IKAN BANDENG (Chanos chanos) DI KARAMBA JARING APUNG SITUBONDO DAN TAMBAK DESA BANGUNREJO SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (RINGKASAN)
gdlhub-gdl-s1-2013-anggrainif-22514-4.RINGKASAN.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-anggrainif-22514-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bandeng merupakan salah satu komoditas unggul yang banyak di budidayakan dan pangsa pasar ikan bandeng dewasa ini cenderung semakin meningkat. Pembesaran ikan bandeng banyak dilakukan di tambak maupun di karamba jaring apung. Seiring berkembangnya usaha budidaya ikan di karamba jaring apung laut terdapat pula beberapa masalah yang sering mengganggu sehingga menghambat perkembangan usaha tersebut, salah satunya adalah timbulnya penyakit yang disebabkan oleh parasit ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan prevalensi endoparasit pada ikan bandeng yang dipelihara di karamba jaring apung dan tambak. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Pengambilan sampel dilakukan satu kali sebanyak 60 ekor dari 2 rakit keramba jaring apung dan 130 ekor dari 2 petak tambak dengan kisaran panjang tubuh ikan antara 15–20 cm dan umur 3 bulan. Parameter utama yang diamati dalam penelitian ini adalah jenis dan tingkat prevalensi endoparasit yang menyerang saluran pencernaan ikan bandeng di karamba jaring apung UPBL Situbondo dan tambak Bangunrejo Sidoarjo, sedangkan parameter penunjang dalam penelitian ini yaitu nilai kualitas air yang meliputi suhu, pH dan salinitas yang diukur selama kegiatan pengambilan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 60 ekor sampel yang diambil dari 2 rakit karamba jaring apung, terdapat 1 ekor yang terinfeksi endoparasit Camallanus carangis dan ditemukan telur Capillaria philippinensis pada 2 ekor ikan. Sedangkan dari 130 ekor sampel ikan bandeng dari tambak tidak ditemukan endoparasit. Tingkat prevalensi pada karamba pertama yaitu 6,66% dan karamba jaring apung kedua sebesar 3,33% dan 0% dari kedua tambak. Terdapat perbedaan prevalensi antara endoparasit yang menyerang ikan bandeng di karamba jaring apung UPBL Situbondo dan di tambak Desa Bangunrejo Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK. BP. 76 / 12. Ang. i
Uncontrolled Keywords: MILKFISH
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
FITRIA ANGGRAINI, 060810351PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKismiyati, Dr.Ir., M.Si.UNSPECIFIED
ContributorSri Subekti, Prof. Dr. Hj. drh., DEAUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 22 Jan 2013 12:00
Last Modified: 12 Aug 2016 07:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26128
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item