PREVALENSI dan INTENSITAS Argulus japonicus PADA IKAN MAS KOKI (Carrassius auratus) YANG DIPASARKAN DI PASAR IKAN HIAS SURABAYA

TAUFIK HERMAWAN, 060610255P (2013) PREVALENSI dan INTENSITAS Argulus japonicus PADA IKAN MAS KOKI (Carrassius auratus) YANG DIPASARKAN DI PASAR IKAN HIAS SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3. RINGKASAN.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK. BP. 34-14 Her p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Argulus merupakan salah satu dari ektoparasit subkelas Branchiura yang sering menginfestasi ikan budidaya air tawar. Infestasi Argulus sering kali menyebabkan sisik ikan mengelupas dan membuat warna ikan tidak cerah sehingga mengurangi nilai jual ikan mas koki sebagai ikan hias bahkan dapat menyebabkan dampak negatif terhadap larva dan juvenil ikan. Argulus juga berperan sebagai vektor virus atau bakteri yang sering menyebabkan penyakit pada ikan. Banyaknya dampak negatif yang disebabkan oleh infestasi Argulus sehingga perlu dilakukan pendataan terhadap parasit ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui spesies Argulus apakah yang menyerang ikan mas koki, serta untuk mengetahui prevalensi dan intensitas Argulus pada ikan mas koki yang dipasarkan di pasar ikan hias Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey melalui pengambilan sampel di lokasi secara langsung. Parameter utama yang diamati antara lain identifikasi spesies Argulus pada ikan mas koki serta penghitungan prevalensi dan intensitas Argulus pada ikan mas koki yang dipasarkan di pasar ikan hias Surabaya. Parameter penunjang meliputi kualitas air antara lain suhu, pH, oksigen terlarut. Hasil penelitian menunjukan bahwa spesies Argulus yang menyerang ikan maskoki di pasar ikan hias Gunung sari, pasar ikan hias Bratang, pasar ikan hias Prapen, dan pasar ikan hias Patuha yaitu Argulus japonicus. Hasil penghitungan prevalensi Argulus japonicus yang menginfestasi ikan mas koki tertinggi terdapat di pasar ikan hias Patuha dengan prevalensi sebesar 73,4 % dan angka prevalensi terendah terdapat di pasar ikan hias Gunung sari dengan prevalensi sebesar 16,7 %. Intensitas Argulus japonicus yang menginfestasi ikan mas koki tertinggi terdapat di pasar ikan hias Gunung sari dengan intensitas sebesar 2 parasit perEkor dan angka intensitas terendah terdapat di pasar ikan hias Prapen dengan intensitas sebesar 1,2 parasit per ekor. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini menyatakan bahwa Argulus japonicus telah banyak menginfestasi ikan mas koki (Carrasius auratus) yang dipasarkan di pasar ikan hias Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP. 34-14 Her p
Uncontrolled Keywords: PEMASARAN IKAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
TAUFIK HERMAWAN, 060610255PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSudarno, Ir. , M. KesUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 09 May 2014 12:00
Last Modified: 20 Sep 2016 03:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26151
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item