STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN Nannochloropsis sp. DAN Spirulina sp. SEBAGAI AGEN BIOREMEDIASI TERHADAP LOGAM BERAT TIMBAL (Pb)

TRI NADYA OLYVIA KERIN HARDIANIE, 140911090 (2013) STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN Nannochloropsis sp. DAN Spirulina sp. SEBAGAI AGEN BIOREMEDIASI TERHADAP LOGAM BERAT TIMBAL (Pb). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-hardianiet-27915-3.ringk-n.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext hardiani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Air yang tersedia tidak terlepas dari pengaruh pencemaran karena fenomena alam ataupun dari ulah manusia. Bila bahan pencemar berada dalam tubuh organisme dalam konsentrasi tinggi, kemudian dijadikan bahan makanan maka akan berbahaya bagi kehidupan manusia. Salah satu bahan pencemar yang berbahaya bagi kesehatan manusia adalah logam berat timbal (Pb). Timbal (Pb) dapat memberi efek racun terhadap banyak fungsi organ yang terdapat dalam tubuh meskipun hanya sejumlah kecil yang terserap oleh tubuh. Bioremediasi menawarkan sebuah metode alternatif yang menjanjikan dan potensial untuk mengurangi konsentrasi logam berat di perairan. Nannochloropsis sp. merupakan mikroalga dari golongan Chromophyta yang memiliki kemampuan adsorbsi yang disebabkan adanya gugus aktif yang terkandung di dalamnya. Selain itu, Spirulina sp. diduga memiliki kemampuan sebagai agen bioremediasi logam berat timbal (Pb) karena kandungan protein dan polisakarida yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan Nannochloropsis sp. dan Spirulina sp. sebagai agen bioremediasi terhadap logam berat timbal (Pb). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan analisa SPSS uji T sebagai rancangan percobaan. Perlakuan yang diberikan berupa perbedaan konsentrasi timbal, yang meliputi, perlakuan A (Nannochloropsis sp. tanpa penambahan timbal), perlakuan B (Nannochloropsis sp. dengan konsentrasi timbal 0,9 ppm), perlakuan C (Spirulinna sp. tanpa penambahan timbal) dan perlakuan D (Spirulinna sp. dengan konsentrasi timbal 0,9 ppm) masing-masing perlakuan diulang sebanyak 5 kali. Parameter utama yang diamati adalah kandung logam berat timbal (Pb) dalam air media kultur Nannochloropsis sp. dan Spirulinna sp.Parameter penunjang yang diamati dalam penelitian ini adalah kualitas air, meliputi derajat keasaman (pH), suhu, oksigen terlarut (DO) dan salinitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nannochloropsis sp. dan Spirulina sp. mampu menyerap logam berat timbal (Pb) sehingga dapat digunakan sebagai agen bioremediasi, dimana Spirulina sp. memiliki kemampuan lebih tinggi dalam penyerapan logam berat timbal (Pb) dibandingkan dengan Nannochloropsis sp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP. 36/13 Har s
Uncontrolled Keywords: LEAD; BIOREMEDIATION
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD172-193.5 Environmental pollution
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
TRI NADYA OLYVIA KERIN HARDIANIE, 140911090UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Dewi Masithah, Dr. , Ir., MPUNSPECIFIED
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 01 Nov 2013 12:00
Last Modified: 06 Sep 2016 04:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26172
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item